Jelang Akhir Tahun, 50 Persen Paket Proyek di Pasbar Belum Dikerjakan

"Ada yang baru selesai lelang dan ada yang masih dalam pelelangan"
Kantor Dinas PUPR Pasaman Barat (KLIKPOSITIF/Irfan Pasaribu)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Memasuki masa akhir anggaran tahun 2019, sejumlah paket proyek di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Sumatera Barat belum selesai dilelang.

"Ada sekitar 50 persen paket yang belum dikerjakan, ada yang baru telah selesai lelang dan ada yang masih dalam pelelangan," sebut Kepala Dinas PUPR Pasbar, Henny Ferniza kepada KLIKPOSITIF di ruang kerjanya, Senin (7/10).

Ia optimis sisa paket proyek yang masih dalam tahap pelelangan akan selesai hingga waktu yang ditentukan. "Jika tidak terkejar pasti tidak akan dilakukan pelelangan, namun tergantung rekanan kan," ucapnya.

Semua pelelangan paket proyek di Dinas PPUR sudah tayang. Ia menjelaskan, pelelangan ini terjadi di akhir tahun karena tergantung dari perencanaan itu sendiri.

"Perencanaan baru siap, kalau perencanaan dilakukan ditahun sebelumnya tentu bisa dilakukan di awal tahun pekerjaan. Maka yang awal tahun direncanakan, maka diakhir tahun dilakukan awalnya," jelasnya.

Ia mengaku, dari Rp140miliar total anggaran yang ada di Dinas PUPR tidak akan terserap semua. "Tidak ada 100 persen penyerapan, di dunia tidak ada. Namun target kita penyerapan sekitar 85 persen dari total anggaran," akui Henny.

Ia menerangkan, ada sekitar 80 paket proyek yang telah ditayangkan untuk dilelang dan sekitar 50 persen sudah berjalan. "Namun dari 40 pekerjaan yang sudah dilelang dan berjalan ada penggabungan paket, saya tidak hapal sekarang," terangnya.

Namun untuk paket proyek yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus dengan total anggaran sekitar Rp35miliar telah selesai semua dilakukan pelelangan dan saat ini sedang berjalan.

Sedangkan untuk paket Penunjukan Langsung (PL) ada sekitar 140 paket proyek dan sudah banyak yang dikerjakan. "Yang belum berjalan dan dikerjakan, itu tergantung PPK," tuturnya.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Pasbar, Yudesri menegaskan, agar ... Baca halaman selanjutnya