Satu Alat Berat Dikerahkan Untuk Menguburkan Hiu Tutul di Pessel

"Hiu tutul dikuburkan karena telah mati setelah beberapa jam terdampar di pantai"
Proses penguburan hiu tutul di Pessel (Istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF-- Hiu paus atau hiu tutul yang ditemukan terdampar di Pantai Taluak Batuang, Nagari IV Koto Hilie, Kecamatan Batangkapas, Kabupaten Pesisir Selatan dievakuasi ke daratan dan dikubur, Selasa 8 Oktober 2019.

Diketahui Hiu tutul (Rhincodon typus) terdampar karena tersangkut nelayan tersebut, tidak bisa bertahan hidup lama di tepi pantai. Sebab, selain kondisi air dangkal, ikan tersebut sulit bergerak karena kondisi bobotnya.

"Jadi setelah mati sore kemarin (Senin), tadi siang (Selasa ini) sudah dikuburkan. Sebab, kalau tidak bisa membusuk dan menggangu kenyamanan kalau sudah jadi bangkai," ungkap Kadis Perikanan Pesisir Selatan, Andi Syafinal kepada KLIKPOSITIF.

Hiu besar pemakan plankton tersebut, dikuburkan sekitar pukul 13.30 WIB, penguburan dilakukan dengan menggunakan alat berat dari PU setempat, karena memang ikan sepanjang 6 meter tersebut memiliki bobotnya mencapai1,5 ton.

"Saat dikubur kondisinya sudah kaku, dan diangkat mengunakan alat berat untuk lebih memudahkan," terangnya.

Kendati demikian, kata Andi Syafinal, pihaknya masih mengakaji penyebab hiu tersebut bisa terdampar. Sebab, diyakini kalau hanya tersangkut jaring nelayan tidak, mungkin karena hiu itu dipelajari berekosistem dilaut dalam.

"Tadi setelah penguburan, Balai (BPSPL Padang) sudah mengabil sampel darahnya (untuk mengkaji penyebabnya). Karena kemungkinan saja, ia terdampar akibat terluka atau ada faktor lain," pungkasnya

.Baca berita terkait : Seekor Hiu Tutul Terdampar di Pessel, Begini Kondisinya

[Kiki Julnasri]