Perangkat Daerah Payakumbuh Harus Bersinergi Jelang Penilaian Adipura

"Saya tegaskan sekali lagi, ini menjadi tanggung jawab kita semua agar selalu bekerja sama untuk meraih Adipura"
Tugu Adipura Kota Payakumbuh. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Payakumbuh meminta seluruh perangkat daerah, mulai dari kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, dan lurah untuk saling bersinergi untuk menghadapi penilaian Adipura 2019 yang akan dilaksanakan Kementerian Linkungan Hidup pada pekan terakhir Oktober ini.

Dikatakan Rida, terdapat sebanyak 16 titik pantau yang akan jadi prioritas tim penilai Adipura, diantaranya Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS3R), perumahan, pasar, rumah sakit, puskesmas, taman kota, kawasan jalan utama, parkir liar, dan beberapa hal lain.

"Saya tegaskan sekali lagi, ini menjadi tanggung jawab kita semua agar selalu bekerja sama untuk meraih Adipura. Untuk kegiatan ini saya kira tidak perlu basa-basi dan langsung ke titik sasaran untuk kita kerjakan," jelas Rida, Rabu (9/10).

Salah satu yang menjadi perhatian Rida adalah kebersihan pasar. Karena itu, ia meminta Kepala Dinas Pasar untuk berkoordinasi dengan camat dan lurah.

"Ada beberapa pasar yang cukup menjadi perhatian. seperti pasar Ibuh Barat dan Timur. Maka perlu dibentuk Tim Koordinasi dan Pembina Percepatan Penilaian Adipura Tingkat Nasional dengan susunan Keanggotaan sebagaimana tercantum dalam keputusan Wali Kota Payakumbuh," terangnya.

Untuk melakukan pembinaan aspek teknis dan administratif terhadap aspek yang menjadi kriteria penilaian program perlu dilakukan pemantauan berkala terhadap kondisi di lapangam.

"Insya Allah dengan kerja sama kita optimis dapat meraih adipura di tahun 2019 ini. Kita percaya, dengan gotong-royong bersama dari seluruh elemen masyarakat dan jajaran Pemko Payakumbuh maka Adipura akan bisa kita raih," pungkasnya. (*)