DPRD Sebut TdS Mampu Topang Perkembangan Wisata Sumbar

"dampak sebuah iven memang tidak bisa dirasakan secara langsung"
Ilustrasi (KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat menilai kegiatan Tour de Singkarak (TdS) mampu menopang dalam meningkatkan perkembangan wisata Sumatera Barat.

Wakil Ketua DPRD Sumbar Irsyad Syafar mengatakan dampak sebuah iven memang tidak bisa dirasakan secara langsung. "Namun ia bisa menopang satu sama lainnya, termasuk dalam agenda olahraga tahunan, Tour de Singkarak (TdS)," katanya saat dihubungi, Rabu, 9 Oktober 2019.

Ia mengatakan dampaknya memang tidak bisa dirasakan secara langsung saat perhelatan, namun hal itu bisa dilihat pada iven-iven lainnya.

"Yang jelas, pasca gempa 2009, jumlah wisatawan ke Sumbar turun drastis. Kemudian berangsur-angsur naik dan terus membaik. Pastilah berbagai macam iven telah berkontribusi dalam peningkatan hal ini, termasuk TdS sendiri," tuturnya.

Ia menilai ada dampak lain dari pelaksanaan iven internasional ini semenjak pertama kali diadakan, yakni tumbuhnya destinasi wisata baru dan perbaikan infrastruktur.

"Tumbuhnya kawasan-kawasan atau destinasi wisata yang dilalui dalam ajang ini tentunya menjadi hal positif bagi perkembangan wisata kita. Selain itu, seiring dengan bertambahnya kota dan kabupaten yg dilewati, hal itu juga menjadi salah satu tools dalam mengenalkan wisata yang ada, yang beberapa tahun terakhir sudah melewati semua kabupaten/kota yang 18 wilayah, kecuali Kabupaten Kepulauan Mentawai," paparnya.

Sementara itu, untuk perbaikan infrastruktur sangat jelas terlihat pada jalan. "Perbaikan infrastruktur jalan perlu dilakukan karena jalur TdS memiliki standar kualitas jalan yang bisa masuk dalam trek TdS. Tentunya ini menguntungkan bagi masyarakat setempat," paparnya.

Seperti diketahui, iven balap internasional kembali diadakan tahun ini. Di tahun kesepuluh ini, iven ini akan dilaksanakan mulai tanggal 2 hingga 10 November 2019. Untuk pelaksanaan tahun ini, Provinsi Jambi ... Baca halaman selanjutnya