Diterjang Arus Sungai Jalan di Luhan Nan Duo Pasbar Amblas

"Peristiwa itu diakibatkan lebatnya hujan sejak Selasa malam"
Jalan Sekunder 1 di Ophir yang habis dihantam arus sungai (istimewa)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Arus air sungai di Nagari Persiapan Ophir Kecamatan Luhak Nan Duo Pasaman Barat membuat Jalan Sekunder 1 selebar di daerah itu amblas pada Rabu (9/10).

"Jalan itu merupakan akses menuju lahan perkebunan warga dengan lebar jalan yang amblas sekitar delapan meter," kata Ketua RT 05 Ophir, Mulyono.

Peristiwa itu diakibatkan lebatnya hujan sejak Selasa malam (8/10). Sehingga air sungai menghantam jalan yang ada. "Jalan itu merupakan akses warga Ophir satu-satunya menuju perkebunan kelapa sawit dan jagung milik warga," ujar Mulyono.

Ia berharap, pemerintah setempat agar segera mencarikan solisi secepatnya, untuk memperlancar akses jalan, karena jalan yang amblas terletak dekat jembatan. "Kalau bisa, dibuatkan jembatan darurat, sehingga warga bisa melalui jalan itu," pintanya.

Pejabat Wali Nagari Persiapan Ophir, Suhenri membenarkan ada jalan didaerah itu yang putus akibat hantaman air sungai. "Saya sudah berkoordinasi dengan pihak BPBD Pasbar," ungkap Suhenri.

Meneurutnya, jalan itu agar cepat dicarikan solusinya karena akses itu merupakan jalan satu-satunya menuju lahan perkebunan warga," ujarnya.

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Pasaman Barat, Tri Waluyo mengatakan akan segera mencarikan solusinya agar jalan itu bisa secepatnya diperbaiki. "Saya sudah mengetahui dari Kepala pemerintahan setempat," katanya.

Rencana pihaknya bersama bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) akan turun kelapangan untuk mencarikan solusi perbaikan. "Kita akan segera turun kelapangan untuk mencarikan solusi," tutup Tri Waluyo.

[Irfan Pasaribu]