Bulan Depan BMKG Pasang 50 Sensor Gempa Bumi di Sumbar

"Dari 50 itu, 44 unit dipasang pinggir pantai hingga pegunungan di Sumbar, sedangkan 6 lagi di laut kawasan Mentawai"
Ilustrasi/KLIKPOSITIF (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika BMKG (BMKG) akan memasang 50 sensor gempa bumi di Sumatera Barat (Sumbar). Direncanakan pemasangan dilakukan November hingga Desember tahun ini.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono saat dihubungi KLIKPOSITIF mengatakan, 50 sensor tersebut akan disebar di tiap kecamatan di Sumbar.

"Dari 50 itu, 44 unit dipasang pinggir pantai hingga pegunungan di Sumbar, sedangkan 6 lagi di laut kawasan Mentawai," ujarnya, Kamis, 10 Oktober 2019.

Dilanjutkannya, sensor gempa akan dilakukan uji coba selama satu tahun untuk mengetahui apakah alat tersebut efektif untuk mitigasi. Jika berhasil akan dilaksanakan pemasangan secara masif untuk wilayah Indonesia.

"Diujicoba dulu, nanti kalau efektif kita akan pasang secara masif disetiap wilayah Indonesia," katanya.

Rahmat menerangkan, sensor gempa bumi yang akan dipasang berfungsi mendeteksi gelombang primer (P) sebelum datang gelombang sekunder (S). Intinya memanfaatkan waktu tiba gelombang P untuk mendeteksi waktu tiba gelombang S yang bersifat merusak.

"Jadi cara kerja sensor menangkap gelombang P saat gempa. Kemudian kita bisa memprediksi berapa kekuatan gelombang S. Sistem ini memang memberikan peringatan dini yang waktunya sangat sempit," jelasnya.

Menurutnya, pemasangan puluhan sensor sebagai upaya mendekatkan alat pada sumber gempa. server penangkap gelombang akan dipasang di kabupaten dan kota.

"Mudah-mudahan sensor ini bisa memberikan peringatan dini walaupun dalam waktu relatif singkat. Jika alat ini mampu mengurangi resiko korban selama satu tahun ini, kami akan pasang secara masif pada 2020 di seluruh Indonesia," tukasnya.

Sementara itu, Kepala Stasiun Geofisika Padangpanjang Irwan Slamet menyebutkan, hingga saat ini sensor yang ada di Sumbar berjumlah 6 buah yang terletak di beberapa titik diantaranya  Padang, Padang Panjang, Sungai Dareh, ... Baca halaman selanjutnya