Keterlibatan Perempuan Dalam Radikalisme dan Terorisme

"Perempuan mempunyai peran strategis dalam pencegahan paham radikalisme dan terorisme"
Ilustrasi/KLIKPOSITIF (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengadakan Seminar peran perempuan dalam pencegahan paham radikalisme dan terorisme dengan melibatkan para organisasi perempuan, Bundo Kanduang dan guru sekolah di Hotel Kyriad Bumiminang Padang, Kamis (10/10)

Kepala Deputi Pencegahan BNPT, Mayjen Hendri Paruhuman Lubis, mengatakan, perempuan mempunyai peran strategis dalam pencegahan paham radikalisme dan terorisme. Kalangan perempuan hendaknya secara aktif memberikan pencerahan dan pendidikan baik dalam lingkungan keluarga maupun masyarakat secara luas.

"Perempuan mempunyai peran strategis karena menjadi tumpuan pendidikan anak di keluarga maupun melalui komunitas perkumpulan perempuan," ujarnya.

Sebab, kelompok teroris menyebarkan propaganda dan narasi bermuatan sentimen dan kebencian berbasis perbedaan agama sebagai bagian dari upaya meradikalisasi masyarakat.

"Patut dipahami bahwa seseorang menjadi teroris bukan proses yang instan, tetapi melalui tahapan dari mengadopasi narasi-narasi intoleran, radikalisme dan terakhir menuju terorisme," terang Hendri.

Hendri berharap perempuan menjadi bagian penting dalam menangkal ajaran tersebut, bukan justru menjadi korban kekerasan dan teror.

"Apalagi sebaran ajaran radikalisme saat ini tidak hanya terjadi secara offline, tetapi yang lebih mengkhawatirkan narasi radikalisme yang bertebaran di dunia maya," tambahnya.

Selanjutnya Dr Zaim Rais Kepala FKPT Sumbar, upaya pencegahan terorisme bisa dimulai dari perannya perempuan selaku orangtua dalam mendidik anaknya.

"Kalau tidak diiringi dengan pendidikan dan agama yang kuat, mustahil terjadinya aksi radikalisme dan terorisme," ucap Zaim Rais.

Maka, salah satu cara untuk mencegah paham radikalisme itu meluas adalah dengan memberikan sosialisasi kepada semua elemen masyarakat khususnya perempuan tentang betapa bahayanya tindakan ... Baca halaman selanjutnya