TdS Hadir Sebagai Proses Edukasi Sadar Wisata bagi Masyarakat

"Ini salah satu proses edukasi bagi masyarakat dalam menggerakkan wisata yang ada di Sumatera Barat"
iven Tour de Singkarak (TdS) menjadi salah satu ajang dalam proses edukasi sadar wisata dikalangan masyarakat (KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF - Wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat Irsyad Syafar mengatakan iven Tour de Singkarak (TdS) menjadi salah satu ajang dalam proses edukasi sadar wisata dikalangan masyarakat. Ia menilai ini membuat masyarakat berangsur paham akan urgensi pariwisata dalam membangun perekonomian.

"Ini salah satu proses edukasi bagi masyarakat dalam menggerakkan wisata yang ada di Sumatera Barat. Dengan hal ini maka ekonomi juga bisa terbangun dengan baik," katanya saat dihubungi, Kamis, 10 Oktober 2019.

Ia mengatakan agenda tahunan Tour de Singkarak juga membuat masyarakat terlibat langsung dengan iven itu sendiri. "Sehingga sadar terhadap wisata yang ada di daerah menjadi semakin tertanamkan," katanya.

Senada dengan hal itu, pakar wisata Universitas Andalas Sari Lenggogeni mengatakan masyarakat sebagai pihak yang juga terlibat dalam iven ini juga sangat berperan dalam menyukseskan iven ini melalui pariwisata.

"Misalnya dengan membuat atraksi-atraksi kecil di setiap etape yang dilalui, seperti menampilkan kesenian silat dengan melibatkan pebalap atau official dari iven TdS," katanya saat dihubungi, Kamis, 10 Oktober 2019.

Ia mengatakan dengan salah satu contoh dari kegiatan itu maka akan terbangun emotional connection dengan antara masyaramat dengan pebalap atau official. "Sehingga kenangan wisata selama iven TdS melekat dalam pikirannya, sehingga nantinya mereka ada ingin untuk kembali ke Sumbar khusus untuk berwisata," paparnya.

Sari sendiri menilai kesadaran masyarakat Sumbar akan wisata sudah mulai terbangun dengan baik. "Hal itu dapat terlihat kepedulian masyarakat terhadap beragam tempat wisata yang dibangun pemerintah. Effort dari pemerintah yang bagus dengan keterikatan yang kuat mampu membuat pariwisata berkembang dengan baik," jelasnya.

Ia berharap iven TdS yang sudah berlangsung hingga tahun ini semakin membuat wisata Sumbar di kenal secara nasional ... Baca halaman selanjutnya