Kolaborasi Semua Pihak Dibutuhkan dalam Pengembangan Pariwisata

"Masyarakat sebagai pihak yang menciptakan pariwisata itu sendiri harus terlibat dengan pengunjung dalam kegiatan "
Pakar wisata Universitas Andalas Sari Lenggogeni (Arsip pribadi Sari Lenggogeni )

PADANG, KLIKPOSITIF - Kolaborasi semua pihak berperan penting dalam pengembangan pariwisata di Sumatera Barat. Hal ini agar perkembangan pariwisata lebih maksimal.

Pakar wisata Universitas Andalas Sari Lenggogeni mengatakan kolaborasi menjadi kunci dalam pengembangan wisata. "Semua pihak harus terlibat dalam mengembangkan wisata yang ada di Sumatera Barat. Dukungan pemerintah yang sangat bagus dalam pengembangan pariwisata menjadi pengikat yang baik bagi semua pihak," katanya saat dihubungi, Kamis, 10 Oktober 2019.

Ia mengatakan saat ini masyarakat sudah peduli dengan perkembangan pariwisata. "Hal itu dapat kita lihat dari banyaknya tempat-tempat wisata yang dikelola oleh masyarakat atau komunitas-komunitas secara langsung," paparnya.

Menurutnya dalam mengembangkan pariwisata, ada dua hal yang menjadi pertimbangan, yakni masyarakat dan pengunjung. "Masyarakat sebagai pihak yang menciptakan pariwisata itu sendiri harus terlibat dengan pengunjung dalam kegiatan itu sehingga kedekatan emosional antara keduanya terikat erat," jelasnya.

Misalnya dalam kegiatan pencak silat yang disajikan kepada visitor. "Kita bisa melibatkan dia bagaimana cara bersilat dan ikut andil dalam kegiatan itu. Dengan cara seperti itu, kedekatan emosional antara dia dengan tempat yang dikunjunginya akan terkenang sehingga suatu hari dia akan kembali lagi untuk berwisata," paparnya.

Ia menuturkan dengan adanya kolaborasi ini, perkembangan pariwisata bisa digenjot. "Dukungan pemerintah yang sudah bagus, kesadaran masyarakat dalam mengembangkan pariwisata dan keterlibatan visitor akan menghasilkan produk wisata yang bagus," tuturnya.(*)