Trump Ingin Akhiri Perang Dagang

"Saya pikir ini (negosiasi) berjalan sangat baik. Saya akan mengatakan, saya pikir itu (negosiasi) berjalan dengan sangat baik"
Presiden AS, Donald Trump (AFP)

KLIKPOSITIF -- Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump ingin mengakhiri perang dagang dengan China, yang menyebabkan ekonomi global terguncang.

"Saya pikir ini (negosiasi) berjalan sangat baik. Saya akan mengatakan, saya pikir itu (negosiasi) berjalan dengan sangat baik," kata Trump sebelum meninggalkan Washington untuk kampanye di Minnesota, seperti dilansir cnbc.com, Jumat (11/10/2019.

"Jadi kami melakukan negosiasi yang sangat-sangat baik dengan Cina. Mereka akan berbicara sedikit, tetapi pada dasarnya mereka mengerti dan kita akan melihat mereka besok di sini." tambah Trump.

Ketika Trump berbicara sekitar jam 4:30 siang. ET, diskusi hari itu berakhir saat negosiator bersiap untuk makan malam.

SPDR S&P 500 ETF Trust, yang dirancang untuk melacak indeks S&P 500, naik setelah perdagangan jam setelah komentar Trump. Bursa berjangka naik pada Kamis malam, menunjukkan sedikit kenaikan pada hari Jumat.

Kedua pihak melanjutkan pembicaraan di Washington setelah seminggu meningkatnya ketegangan. Washington dan Beijing berharap untuk mengakhiri konflik yang ditandai oleh tarif yang ditampar ratusan miliar dolar dalam barang.

Diskusi itu datang hanya beberapa hari sebelum batas waktu 15 Oktober ketika AS berencana untuk menaikkan bea masuk barang-barang China setidaknya US$250 miliar menjadi 30% dari 25%.

Menteri Keuangan Steven Mnuchin dan Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer memimpin tim negosiator Amerika selama diskusi hari Kamis. Wakil Perdana Menteri Tiongkok Liu He memimpin delegasi dari Beijing. (*)