Kecam Insiden Penyerangan, Wagub Sumbar Doakan Wiranto Cepat Pulih

"Kita harus waspada terhadap ancaman terorisme"
Wagub Sumbar Nasrul Abit (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Wakil Gubernur Sumatera Barat, menyayangkan insiden penyerangan terhadap Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto yang terjadi pada Kamis 10 Oktober 2019 kemarin.

“Kita sangat menyayangkan musibah yang menimpa bapak Wiranto, Menkopolhukam kita. Mari kita doakan bersama-sama agar beliau segera sembuh,” katanya, Senin, 14 Oktober 2019.

Selain itu, Nasrul Abit juga berharap Wiranto cepat pulih sehingga bisa segera kembali menjalankan tugas-tugas kenegaraan sebagaimana biasanya.

“Kita harus waspada terhadap ancaman terorisme. Mudah -mudahan Allah melindungi kita semua,” ujarnya.

Perempuan Agen Perdamaian

Nasrul Abit menegaskan,  keterlibatan perempuan dalam aksi terorisme di Indonesia akhir-akhir ini, cenderung meningkat.

Maka dari itu, persoalan ini harus bisa disikapi dengan seksama. Dengan melibatkan peran perempuan sebagai agen perdamaian merupakan konsep yang tepat.

“Aksi terorisme dengan melibatkan perempuan dan anak, turut andil sebagai pelaku teror, ini dibuktikan banyak terjadi di beberapa daerah dan negara, kita perlu waspadai.

Keberhasilan pencegahan terorisme tidak hanya pada level kebijakan pemerintah, tetapi sejatinya pada unit kecil bernama keluarga. Benteng utama penangkalan paham radikal terorisme adalah peran perempuan dalam keluarga,” kata Nasrul Abit.

Menurut mantan Bupati Pesisir Selatan Dua periode itu, lingkungan keluarga sangat berpengaruh dalam pembentukan karakter anak, kaum perempuan khususnya ibu-ibu hendaklah memperkuat jati diri dan meningkatkan peran utama terhadap anak-anak dan keluarga.

“Gerakan perempuan sejatinya memiliki potensi besar dalam mencegah ancaman radikalisme dan terorisme. Maka dari itu, melibatkan peran perempuan sebagai agen perdamaian merupakan konsep yang tepat,” tutup Nasrul Abit. (*)