Teleskop Hubble Tangkap Galaksi Bima Sakti Melahap Gas Misterius

"galaksi Bima Sakti memakan gas dari lingkungan di sekitarnya untuk membentuk bintang. Setelah itu, ia mengeluarkan gas melalui supernova dan angin bintang."
Teleskop Hubble (Shutterstock)

KLIKPOSITIF -- Teleskop Hubble berhasil menangkap aktivitas galaksi Bima Sakti yang melahap sejumlah gas misterius. Bahkan, tim astronom yang mengamati pergerakkan itu menghitung bahwa massa gas yang masuk ke Galaksi Bima Sakti lebih banyak daripada yang dikeluarkannya.

Sebagaimana dilansir laman Gizmodo, Senin (14/10/2019), galaksi Bima Sakti memakan gas dari lingkungan di sekitarnya untuk membentuk bintang. Setelah itu, ia mengeluarkan gas melalui supernova dan angin bintang.

Sebelum sampai pada kesimpulan tersebut, para astronom mengumpulkan data dari 270 tangkapan gambar yang diambil oleh instrumen Spectrograph Cosmic Origins yang terpasang pada teleskop Hubble. Dalam pengamatan tersebut, diketahui bahwa galaksi Bima Sakti terlihat menarik awan gas yang bergerak cepat di orbit sekelilingnya.

Awan ini sendiri masih misterius karena bisa menyerap sinar ultraviolet dengan panjang gelombang cahaya tertentu. Dari 270 tangkapan gambar, 187 diantaranya merupakan awan yang dilahap galaksi Bima Sakti.

Ketika para astronom menghitung massa awan yang masuk dan dimuntahkan, mereka mendapati bahwa galaksi Bima Sakti menghisap lebih banyak gas daripada yang dimuntahkan. (*)