Pengembalian Dana Bergulir Koperasi di Payakumbuh Kurang Lancar

"Ini tak lepas dari macetnya pengembalian dana bergulir oleh beberapa koperasi sehingga kita perlu mencarikan solusinya, karena dana tersebut perlu dipertanggungjawabkan kepada pemerintah"
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh, Herlina. (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Kurang lancarnya pengembalian dana bergulir dari pemerintah tersebut oleh beberapa koperasi di Kota Payakumbuh jadi perhatian khusus Dinas Koperasi dan UKM daerah tersebut.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh, Herlina mengakui, saat ini banyak persoalan yang terjadi di koperasi terkait pendanaan melalui dana bergulir yang telah disalurkan oleh pemerintah tersebut.

Menyikapi permasalahan itu, Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh melaksanakan Koordinasi Penggunaan Dana Pemerintah bagi koperasi di Kota Payakumbuh, di Gedung Gambir, Senin (14/10).

"Ini tak lepas dari macetnya pengembalian dana bergulir oleh beberapa koperasi sehingga kita perlu mencarikan solusinya, karena dana tersebut perlu dipertanggungjawabkan kepada pemerintah," ucapnya.

Dikatakannya, Pemko Payakumbuh sudah melakukan berbagai langkah untuk mengantisipasi hal itu, seperti pengawasan, monitoring, dan evaluasi bagi Koperasi yang ada di Kota Payakumbuh.

"Nantinya kita bisa mengetahui, apakah Koperasi yang diberi bantuan dapat berkembang serta dana tersebut dikelola secara tepat dan kedepannya pemberian bantuan dapat berkelanjutan," katanya.

Dijelaskannya dana bergulir tersebut perlu dilaporkan secara periodik agar pemerintah mengetahui tumbuh dan berkembangnya suatu lembaga keuangan masyarakat.

Diharapkan dengan bantuan yang diberikan oleh pemerintah tepat sasaran serta dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat Kota Randang ini.

"Semoga akan tercapai peningkatan dan pengembangan usaha yang produktif, serta perkuatan permodalan koperasi dan UKM," pungkasnya. (*)