Anggaran Pilkada Pasbar Hampir Mencapai Rp35 Miliar

"Anggaran untuk KPU sebesar Rp25.470.050.000, sementara untuk Bawaslu sebesar Rp9.231.041.000"
Penyerahan Dana Hibah kepada KPU dan Bawaslu oleh Bupati Pasbat dihalaman Kantor Bupati setempat. (Istimewa)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Pemkab Pasaman Barat serahkan dana hibah untuk kegiatan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020 kepada KPU dan Bawaslu Pasbar.

"Tadi telah kita serahkan dana hibah kepada kedua lembaga penyelenggara pemilihan umum itu," kata Sekretaris Daerah Pasaman Barat, Yudesri kepada KLIKPOSITIF, Senin malam (14/10).

Ia memaparkan, untuk KPU Daerah Pasaman Barat dihibahkan sebesar Rp25.470.050.000. Sedangkan untuk Bawaslu dihibahkan dana sebesar Rp9.231.041.000.

Namun untuk penggunaan dana tersebut  bisa dimanfaatkan maksimal untuk kegiatan Pilbup serentak yang dijadwalkan digelar 23 September 2020 mendatang.

Dana tersebut untuk estimasi Pilkada untuk dua putaran. Sedangkan dana hibah untuk di Tahun 2019 sudah diserahkan dan sudah digunakan oleh KPU untuk kegiatan saat ini sesuai tahapan.

"KPU tentunya dengan dana hibah untuk anggaran Tahun 2020 sudah mempertimbangkan untuk dua putaran, sesuai amanat undang-undang pemilu kepala daerah. Kami yakin, Pilkada Pasbar berjalan lancar dalam satu putaran,” kata Sekda.

Menurutnya, Pilkada merupakan proses demokrasi untuk mendapatkan kepala daerah yang akan memimpin suatu daerah dalam periode tertentu. Sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan yang berlaku saat ini.

"Tentunya pilkada harus kita sukseskan bersama sama, untuk menghasilkan kepala daerah dan wakil kepala daerah. Namun ia tidak menapik jika dalam pemilihan nanti, tentu terdapat beda pilihan di tengah-tengah masyarakat," ujarnya.

"Mari kita laksanakan pilkada ini dengan baik, dalam rangka persatuan dan kesatuan di bumi tuah basamo ini," ajak Yudesri.

[Irfan Pasaribu]