Agam Raih IGA 2019, Disdukcapil Sumbang 6 Inovasi Pelayanan

"Dari inovasi yang mendapatkan nilai tertinggi, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menjadi penyumbang inovasi terbanyak. "
Bupati Agam bersama Kepala Dinas Dukcapil Agam dan OPD lainnya usai menerima anugerah IGA 2019 (Ist)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Untuk ketiga kalinya, Pemkab Agam meraih penghargaan Inovative Government Award (IGA) 2019 dari Kementerian Dalam Negeri RI. Bupati Agam Dr. H. Indra Catri menerima langsung anugerah IGA 2019 yang diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri RI Tjahyo Kumolo di Hotel Borobudur Jakarta, Senin malam (7/10).

Penghargaan ini didapatkan setelah serangkaian penilaian yang dilakukan oleh Kemendagri RI atas program inovasi yang dilaksanakan di Kabupaten Agam.

Penghargaan ini diraih Pemerintah Kabupaten Agam setelah berhasil duduk di peringkat 6 kabupaten paling inovatif se-Indonesia.

Bupati Agam Indra Catri mengatakan prestasi ini sejatinya adalah perwujudan dari karakter dari masyarakat Agam. Selain itu inovasi merupakan hal penting yang termaktub dalam visi misi Kabupaten Agam. Oleh karena itu raihan ini layak disambut dengan suka cita, karena nama besar Agam sekali lagi berkibar di tingkat nasional.

"Sejarah sudah membuktikan bahwa Agam kaya dengan tokoh yang melahirkan inovasi dan konsepsi baru yang bermanfaat bagi bangsa Indonesia. Malam ini sekali lagi Kabupaten Agam menunjukan bahwa warisan nama besar yang ditinggalkan oleh para pendahulu berhasil dijaga dengan baik," ujar Indra Catri.

Raihan ini sekaligus menjadikan Agam sebagai Kabupaten terinovatif di Pulau Sumatera dan kabupaten terinovatif nomor 2 di luar Jawa setelah Kabupaten Banggai.

Ini menjadi yang ketiga kalinya Agam menerima penghargaan IGA. Sebelumnya, Agam meraih IGA pada 2013 dan 2018.

Dari inovasi yang mendapatkan nilai tertinggi, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menjadi penyumbang inovasi terbanyak. Ada 6 Inovasi Dinas Dukcapil Agam yang diikutsertakan dalam penilaian IGA 2019.

“Total ada 133 Inovasi yang kita ikutkan. Dinas Dukcapil adalah salah satu OPD terbanyak Inovasinya," kata Kepala Bappeda Agam, Drs Welfizar.

Kenam Inovasi tersebut adalah SMS Gateway, dengan skor 550, One Day ... Baca halaman selanjutnya