LIPI Riset Hutan Mangrove Pariaman untuk Dijadikan Kebun Raya

"Pemko Pariaman bekerjasama dengan LIPI untuk melakukan riset tentang hutan mangrove yang berada di Desa Apar Kecamatan Pariaman Utara, karena hutan tersbebut akan dijadikan kebun raya (botanic garden) ditengah kota dengan basis hutan mangrove"
Walikota Pariaman, Genius Umar. (Ist)

PARIAMAN, KLIKPOSITIF -- Tim Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengunjungi Kawasan Hutan Mangrove Desa Apar Kecamatan Pariaman Utara, Selasa (15/10). Kunjungin tim LIPI tersebut diterima langsung Walikota Pariaman, Genius Umar.

"Pemko Pariaman bekerjasama dengan LIPI untuk melakukan riset tentang hutan mangrove yang berada di Desa Apar Kecamatan Pariaman Utara, karena hutan tersbebut akan dijadikan kebun raya (botanic garden) ditengah kota dengan basis hutan mangrove," kata Genius Umar, Selasa (15/10).

“Hasil riset dari hutan mangrove akan diserahkan ke Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR. Untuk mendapatkan program bagaimana bisa botani di Kota Pariaman bisa dijadikan seperti konsep kebun raya Bogor yang ada di daerah Bogor, Jawa Barat," jelasnya.

Ia menambahkan, sehingga ini menjadi tempat wisata edukasi, anak-anak bisa belajar tentang mangrove, flora maupun fauna yang ada di dalamnya.

Tahap awal dijelaskan Genius, memang luas kawasannya masih sedikit tetapi nantinya Pemko Pariaman akan melakukan perluasan dan melakukan pembebasan atau pembelian tanah masyarakat yang masuk dalam kawasan hutan mangrove tersebut.

“Akan dilakukan penetapan aturan hukum bahwa ini adalah kawasan hutan mangrove yang juga berfungsi sebagai botanic garden di Kota Pariaman. Tergantung hasil riset, mana yang kurang atau mana yang mau ditambah flora maupun faunanya untuk kawasan tersebut”, tandasnya.

Sementara itu, Mustaid Siregar dari Lemabaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), menjelaskan kajian tentang mangrove dengan melihat dari sisi administrasi dan kajian pendukung lainnya baik sisi ekoregion, karena ekoregion mangrove di Sumatera belum ada dan nantinya akan dilanjutkan dengan studi kelayakan, apakah layak atau tidak dijadikan kebun raya.

"Ekoregion adalah suatu batasan daerah ekologi suatu tumbuhan atau hewan yang terkait dengan budaya”, ujarnya.

"Sekarang ... Baca halaman selanjutnya