Ratusan Anak Khitanan Massal di Pariaman

"Untuk Polda Sumbar dilakukan di sini, di Pilubang, Sungai Limau. Alhamdulillah masyarakat antusias ikut serta dalam rangkaian acara"
(Ist)

PARIAMAN, KLIKPOSITIF -- 700 orang lebih ikut dalam khitanan massal di Pilubang, Sungai Limau, Pariaman. khitanan masal itu merupakan rangkaian acara Bakti Sosial Kesehatan untuk Anak Nagari yang diadakan oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal, Selasa 15 Oktober 2019.

Irjen Fakhrizal mengatakan, bakti sosial itu dilakukan di seluruh Indonesia. "Untuk Polda Sumbar dilakukan di sini, di Pilubang, Sungai Limau. Alhamdulillah masyarakat antusias ikut serta dalam rangkaian acara," kata Fakhrizal, Selasa 15 Oktober 2019.

Kapolda mengatakan, ini menjadi kebutuhan masyarakat di sini berkenaan dengan banyaknya yang ikut.

Selain khitanan massal, rangkaian acara bakti sosial itu juga ada donor darah, KB, kesehatan berobat gratis, dan periksa gigi gratis.

"Bakti sosial ini, dilakukan melalui Dokkes Polri tentu untuk meningkatkan kesehatan masyarakat secara serantak," ujar Fakhrizal.

Dikatakannya juga, seratusan Dokkes Polri diterjunkan untuk kegiatan itu. "khitanan kali ini merupakan sunatan massal terbanyak yang biasanya peserta cuma sebanyak 200 orang," sebut Fakhrizal.

Terkait itu, IPDA Mega Sari sebagai panitia sunat masal menjelaskan, peserta khitanan terlebih dahulu mendaftar. "Setelah mendaftar baru antrian untuk disunat. Lebih 700 peserta khitanan, hingga siang ini sudah 600 orang yang disunat," kata Mega.

Lebih lanjut dikatakannya, setelah sunat, peserta juga diberikan sarung dan obat secara gratis. "Selain itu juga ada bingkisan atau oleh-oleh," kata Mega.

Dalam sunatan masal itu, panitia menyediakan kain sarung sebanyak 1.000 helai. Itu semua dibagikan untuk peserta sunat. (Rehasa)