Grand Launching MPP Payakumbuh Direncanakan 17 Desember

"Kita terus mempersiapkan agar nanti saat grand launching seluruh instansi sudah membuka pelayanan di MPP ini"
Sekda Kota Payakumbuh, Rida Ananda saat memantau kesiapan MPP Payakumbuh. (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh terus mematangkan persiapan jelang grand launching Mall Pelayanan Publik (MPP) pada 17 Desember 2019 nanti.

Sampai saat ini sudah terdapat empat instansi yang memberikan pelayanan di MPP Kota Payakumbuh yang berlokasi di Lantai 1 Balai Kota Payakumbuh. Keempat instansi itu adalah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Bank Nagari, Kementerian Agama (Kemenag), dan Samsat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Payakumbuh, Rida Ananda menyebut, saat ini MPP Kota Payakumbuh dalam fase soft launching. Dan hal itu dibuktikan dengan sudah mulai beroperasinya empat instansi.

"Kita terus mempersiapkan agar nanti saat grand launching seluruh instansi sudah membuka pelayanan di MPP ini," jelas Rida Ananda, Selasa (15/10).

Dikatakannya, sesuai perencanaan yang disusun, pihaknya sudah membagi dan menyiapkan lokasi-lokasi yang nanti akan ditempati instansi tersebut. Untuk pengoperasian dikembalikan kepada kesiapan masing-masing instansi.

"Pada prinsipnya kita sudah siap menjalankan MPP, saat ini pun sudah tersedia mesin antrian digital seperti di perbankan yang memuat nomor antrian seluruh konter layanan instansi. Tinggal kesiapan instansi mengisi dan menempatkan personilnya," terang Rida.

Kadis DPM-PTSP Hermayunis mengatakan, MPP diadakan untuk memberikan pelayan cepat, mudah dan nyaman kepada masyarakat.

"MPP ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena layanan sudah mudah, berada dalam satu tempat dan mereka bisa menerima layanan tidak hanya satu tapi banyak," terang Hermayunis.

Dikatakan, apabila nanti sudah benar-benar beroperasi penuh, maka akan ada sebanyak 167 perizinan yang bisa diurus di MPP Kota Payakumbuh.

"Sebanyak 87 diantaranya adalah pelayanan dari DPM-PTSP dan sisanya berasal dari 19 instansi lain," jelasnya. (*)