Melalui One Man One Hope, PLN UIW Sumbar Berikan Sambungan Listrik Baru untuk 184 KK

(KLIKPOSITIF/Khadijah)

PADANG, KLIKPOSITIF - PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat (Sumbar) meresmikan program One Man One Hope di Kecamatan Bungus Kelurahan Teluk Kabung, Selasa, 15 Oktober 2019. One Man One Hope merupakan program PT PLN (persero) yang diterapkan secara Nasional oleh kantor wilayah PLN di seluruh Indonesia.

"Program tersebut berupa pengumpulan dana oleh seluruh pegawai PLN termasuk di area Sumbar yang akan digunakan untuk keperluan biaya penyambungan listrik bagi masyarakat yang membutuhkan Indonesia," ujar GM PLN UIW Sumbar, Bambang Dwiyanto usai peresmian program tersebut.

baca juga: Tarif Listrik Non Subsidi Tak Bakal Naik Hingga September

Ia mengungkapkan, dana yang terkumpul dari program tersebut mencapai Rp 134 Juta dan digunakan untuk melistriki 184 pelanggan baru di seluruh Sumbar. Sebaran jumlah pelanggan baru dari seluruh penerima manfaat program tersebut yakni Padang 87 Kepala Keluarga (KK), Solok 38 KK, Bukittinggi 29 KK dan Payakumbuh 30 KK.

Ia mengharapkan agar bantuan dapat memberikan pemerataan penggunaan aliran listrik oleh seluruh masyarakat yang disalurkan PLN .

baca juga: Pemerintah: Tarif Listrik Pelanggan Non Subsidi Hingga September Tak Naik

"Semoga program ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sehingga masyarakat dapat menggunakan listrik secara aman, nyaman dan legal," Katanya.

Sementara itu, Eksekutif Vice President Konstruksi Regional Sumatera, Adi Lumakso mengungkapkan program tersebut merupakan bentuk kepedulian PLN kepada seluruh masyarakat agar dapat menikmati aliran listrik .

baca juga: PLN Sumbar Launching ULP Teknis 50 Kota Guna Jaga Keandalan Listrik dan Pelayanan Prima

"Masyarakat yang merdeka adalah mereka yang telah mendapatkan aliran listrik ," Katanya.

Adi menjelaskan bahwa saat ini rasio elektrifikasi di Sumbar sudah hampir mencapai 98 persen dan sudah jarang ditemukan permasalahan listrik yang dialami warga. Hal itu tentunya membuat PLN untuk memprioritaskan agar seluruh masyarakat Sumbar dapat menikmati aliran listrik yang memang banyak dibutuhkan untuk menjalani aktifitas di kehidupan.

baca juga: GM PLN Sumbar Apresiasi Pelanggan PLN ULP Sawahlunto dan Koto Tuo Nihil Tunggakan

"Kami berharap agar program ini dapat terus digulirkan dan dirasakan oleh seluruh masyarakat," Ujarnya.

Pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan peresmian penggunaan aliran listrik oleh pelanggan baru PLN Sumbar salah satunya Sarijon (30). Pria yang sehari hari berprofesi sebagai nelayan ini sebelumnya menggunakan listrik untuk lampu penerangan dan nonton tv. Ia mendapat listrik dari hasil menyambung ke tetangga (levering) dengan biaya sekitar Rp 70 ribu - 100 ribu tiap bulannya.

Ia bersyukur menjadi salah satu penerima manfaat dari program One Man One Hope ini karena pihak PLN menyampaikan tentang bahaya levering dari sisi keamanan karena jika kabel yg digunakan untuk levering tidak standar, maka dapat membahayakan pelanggan dan masyarakat.

"Sekarang saya mendapat sambungan listrik sendiri 450 VA yg lebih bebas dan lebih murah," Ujarnya dengan wajah berbinar.

Pada kesempatan itu, Yayasan Baitul Mal (YBM) PLN UIW Sumbar juga menyalurkan 50 paket sembako untuk masyarakat yang berada di seoitar peresmian program One Man One Hope tersebut. (*)

Penulis: Khadijah