Kabut Asap Kembali Selimuti Sawahlunto, DLH Sebut Kualitas Udara Masih Kategori Sedang

"Hasil uji didapat dalam pengukuran kualitas udara ambien pada tanggal 14 hingga 15 Oktober 2019"
Sejumlah Siswa Sekolah Dasar Melakukan Aktivitas di Lapangan Ombilin Sawahlunto, Senin 15 Oktober 2019 (Muhammad Haikal/Klikpositif)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Kepala Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kota Sawahlunto Andri Mahaputra mengatakan, dari hasil pengukuran kualitas udara kota Sawahlunto hari ini menunjukkan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) berada pada kategori sedang.

"Hasil uji didapat dalam pengukuran kualitas udara ambien pada tanggal 14 hingga 15 Oktober 2019," katanya di Sawahlunto, Selasa 15 Oktober 2019.

Andri menambahkan, dari hasil tersebut ISPU PM10 menunjukkan pada angka 100, sedangkan ambang batas Baku Mutu Lingkungan (BML) untuk PM10 sebesar 150 mikrogram/m3 dengan metode pengukuran manual aktif.

Andri melanjutkan, pihaknya akan terus memantau kualitas udara akibat dampak kabut asap setiap sekali 24 jam.

"Hasil uji kualitas udara akan kita sampaikan ke pimpinan untuk dikoordinasikan dengan dinas terkait untuk mengambil tindakan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Daerah (PBD) Badan Kesatuan Bangsa dan Politik - PBD (Kesbangpol - PBD) Kota Sawahlunto, Arfizon mengatakan kabut asap yang menyelimuti kota Sawahlunto kembali terlihat dalam seminggu terakhir ini.

Ia menambahkan, meski kualitas udara masih dalam kategori sedang, pihaknya meminta masyarakat untuk mengurangi aktivitas diluar rumah dan menggunakan masker jika bepergian terlebih saat berkendara.

"Kami himbau kepada masyarakat melindungi diri terutama yang memiliki anak dan balita untuk menjaga kesehatan, banyak minum air putih dan makan makanan yang bergizi termasuk buah-buahan," kata Arfizon.(*)