Pemprov Sumbar Terima Jadwal, Penerimaan CPNS 2019 Diumumkan Akhir Bulan Ini

"Daftarnya sudah kita terima, namun kuota yang disetujui belum ada"
Kepala BKD Sumbar Abdul Gafar (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumatera Barat (Sumbar) sudah menerima penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Namun, belum disertai berapa kuota yang disetujui untuk tahun ini.

"Daftarnya sudah kita terima, namun kuota yang disetujui belum ada," ungkap Abdul Gafar, Kepala BKD Sumbar, Selasa, 15 Oktober 2019 di Padang.

Untuk diketahui penerimaan akan diumumkan pada pekan keempat Oktober 2019. jadwal yang diberikan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) proses pendaftaran dan seleksi akan dimulai pada November 2019.

Kemudian pengumuman dan hasil seleksi administrasi peserta pada Desember 2019. Dalam rentang itu juga diberikan waku masa sanggah awal Januari 2020. Dilanjutkan dengan pengumuman jadwal Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) pada akhir Januari 2020.

Selanjutnya pelaksanaan SKD berlangsung pada Februari 2020, pengumuman hasil SKD pada awal Maret 2020. Dilanjutkan dengan pelaksanaan Seleksi Kemampuan Bidang (SKB) akhir Maret 2020.

Untuk integrasi nilai SKD dan SKB dilakukan pada awal April 2020, sekaligus pengumuman hasil beserta pemberian NIP dan pengangkatan dilakukan pada akhir April 2020.

Meski begitu, Gafar mengingatkan, para peminat yang ingin mengikuti seleksi penerimaan CPNS bisa mempersiapkan diri untuk mengikuti rangkaian prosesnya. Karena seleksi dilakukan dengan CAT, sehingga hasilnya terbuka.

"Seleksinya tranparan, jika nilai tidak mencukupi tidak bisa dibantu,"tuturnya.

Sebelumnya, Pemprov Sumbar mengusulkan sebanyak 1.009 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk rekrutmen CPNS 2019.

Dari jumlah yang diusulkan, sebanyak 668 untuk kuota CPNS dan 342 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). "Total ada 1.009 yang kami usulkan, keputusan ada di pusat berapa tahun ini formasi yang diberikan untuk Sumbar," ujarnya.

Dijelaskannya, dari 668 formasi CPNS diusulkan, ... Baca halaman selanjutnya