4.521 RTMP di Pasbar Menerima Bantuan dari Kementerian Pertanian RI

Para penerima RTMP di Pasbar saat melakukan administrasi pendistribusian bantuan uang pembuatan kandang ayam di Balai Pertanian Padang Tujuh.
Para penerima RTMP di Pasbar saat melakukan administrasi pendistribusian bantuan uang pembuatan kandang ayam di Balai Pertanian Padang Tujuh. (KLIKPOSITIF/Irfan Pasaribu)

PASAMAN BARAT , KLIKPOSOTIF -- Sebanyak 4.521 Rumah Tangga Miskin Pertanian (RTMP) di Pasaman Barat ( Pasbar ) mendapat bantuan program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera dari Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementrian Pertanian RI.

Menurut Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Pasbar , drh Doddy San Ismail mengatakan, program ini bertujuan meningkatkan perekonomian masyarakat dan mencegah stunting.

baca juga: 32 Pegawai dan Warga Binaan Lapas Terbuka di Pasbar Jalani Tes Swab

"Di Provinsi Sumbar hanya dua kabupaten yang menerima bantuan program ini, yakni Kabupaten Pasaman Barat dan Pasaman," ungkapnya kepada KLIKPOSITIF , Selasa (15/10).

Sedangkan untuk penerima bantuan program ini jelas Doddy, adalah warga yang tergolong miskin yang bersumber dari Basis Data Terpadu (BDT) Kementrian Sosial RI. "Kita hanya menerima data yang telah ditunjuk dan ditetapkan RTM berdasarkan data BDT," jelasnya.

baca juga: Terkait COVID-19, Dua Pegawai Lapas Terbuka Kelas II B Pasaman di Tes Swab

Untuk di Pasbar , RTM ini disasar ditiga kecamatan yakni Kecamatan Pasaman, Luhak Nan Duo dan Sasak Ranah Pasisie. Meski telah ditunjuk berdasarkan BDT, setiap RTMP tetap dilakukan verifikasi dan vasilidasi data.

Sambungnya, awalnya sebanyak 5.066 RTM namun setelah dilakukan verifikasi dan validasi data menjadi 4.521 RTMP dengan rincian Kecamatan Pasaman sebanyak 2.677 RTMP, Sasak Ranah Pasisie sebanyak 618 RTMP, Luhak Nan Duo sebanyak 1.226 RTMP.

baca juga: Dua Pengedar Ganja Diamankan di Pasbar

Ia merinci, setiap satu RTMP nantinya menerima bantuan uang tunai pembuatan kandang sebanyak Rp500ribu, 50 ekor ayam petelur umur sebulan, pakan, vaksin dan obat.

Bantuan tersebut disalurkan melalui rekening Unit Pengelola Keuangan dan Kegiatan (UPKK) langsung dari Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementrian Pertanian ke Bank BRI tanpa melalui Dinas setempat.

baca juga: Polisi Benarkan Laporan PDIP Soal Dugaan Peyebaran Hoaks Terkait Puan Maharani di Pasbar

Sedangkan program ini dibawah Satker Pelaksana kegiatan BPTU Balai Pembibitan Ternak Unggul HPT Hijauan Pakan Ternak Padang Mengatas Lima Puluh Kota," rincinya.

"Ini program Tahun kedua di Indonesia dan Tahun pertama di Sumbar, disamping program ini mencegah stunting, juga bertujuan meningkatkan taraf hidup penerima RTMP, dan sekaligus mengajarkan pola hidup sehat," tutupnya.

[Irfan Pasaribu]

Penulis: Iwan R