Kembali Dilanda Kabut Asap, Kualitas Udara Payakumbuh Tidak Sehat

"Berdasarkan hasil pengukuran itu menunjukkan kualitas udara di Payakumbuh, Senin (15/10) sekitar pukul 12.00 WIB sampai 13.00 WIB ISPU berada di angka 139."
Ilustrasi kabut asap. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Warga Kota Payakumbuh harus kembali menghirup udara yang tidak sehat lantaran asap kiriman dari provinsi tetangga kembali menyelimuti daerah tersebut.

Berdasarkan hasil pengukuran itu menunjukkan kualitas udara di Payakumbuh, Senin (15/10) sekitar pukul 12.00 WIB sampai 13.00 WIB Nilai Setara Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) berada di angka 139. Artinya kondisi kualitas udara Payakumbuh berada pada titik tidak sehat.

Pengukuran real time kualitas udara sendiri dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh, setelah melakukan pengambilan sampel di Terminal Koto Nan Ampek, Kecamatan Payakumbuh Barat.

Menanggapi kondisi itu, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi menghimbau warganya untuk berjaga-jaga dan meningkatkan kemandirian dalam menjaga kesehatan keluarga.

"Pastikan minum air putih yang cukup, perbanyak konsumsi buah-buahan, bagi ibu-ibu yang punya anak jangan dibiarkan bermain lama-lama di luar rumah mengingat kabut asap yang kita tidak tahu apakah akan semakin tebal nantinya dan berbahaya bagi pernafasan anak," kata Riza.

Terkait kebijakan untuk meliburkan sekolah, pemko masih belum masih akan melakukan pengkajian dan terus memantau kondisi kabut asap untuk beberapa hari ke depan.

"Kita masih pantau dulu perkembangan dalam beberapa hari kedepan, apabila kabut asap semakin tebal maka kita siap mengambil langkah kebijakan bagi masyarakat dan anak-anak kita dalam menghadapi bahaya kabut asap ini," pungkas Riza. (*)