OPD Payakumbuh Telah Lahirkan 46 Inovasi Pemerintahan

"Dengan total 46 inovasi pemerintahan LAN yang dilahirkan 20 OPD tersebut, Kota Payakumbuh berada di urutan 25 dari 512 kabupaten kota seluruh Indonesia."
Pelaksanaan kegiatan laboratorium inovasi bersama LAN RI. (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh telah melahirkan sebanyak 46 inovasi pemerintahan Lembaga Administrasi Negara (LAN) yang telah diinput ke aplikasi indeks inovasi daerah kementerian dalam negeri. Sebanyak 46 inovasi itu berasal dari 20 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) daerah tersebut.

Dengan total 46 inovasi pemerintahan LAN yang dilahirkan 20 OPD tersebut, Kota Payakumbuh berada di urutan 25 dari 512 kabupaten kota seluruh Indonesia.

Meski sudah mampu melahirkan cukup banyak inovasi, Pemko Payakumbuh menggelar kegiatan laboratorium inovasi bersama LAN RI di Aula Ngalau Indah Lantai 3 Kantor Balai Kota Payakumbuh, pada 16-18 Oktober 2019.

Kepala Bappeda Kota Payakumbuh, Ifon Satria Chan selaku panitia pelaksana menyebut, tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan pemahaman OPD daerah tersebut terkait inovasi pemerintahan.

Narasumber yang hadir pada kegiatan itu adalah Kepala Pusat Kajian Kebijakan Administrasi Negara Republik Indonesia Widhi Novianto, Antum Nastri Sidik, Dian Eka Rahayu Sawitri, dan Lindawati.

Kegiatan laboratorium inovasi itu merupakan tindak lanjut kerjasama Pemko Payakumbuh dengan LAN RI melalui nota kesepakatan nomor 9/MOU/2019 dan nomor 37/K.1/HKM.03.1 tentang penguatan kapasitas pemerintah kota Payakumbuh melalui penyelenggaraan kegiatan kajian kebijakan, pelatihan dan pengembangan kompetensi, inovasi serta pendidikan tinggi.

Kegiatan ini bertujuan untuk membangun kesadaran kolektif seluruh perangkat daerah untuk berinovasi, memunculkan ide dan gagasan inovasi terkait pelaksanaan urusan pemerintahan sesuai tugas pokok dan fungsi seluruh perangkat daerah, dan seluruh perangkat daerah mampu menyusun rencana aksi inovasi.

"Untuk sasaran yang ingin dicapai seperti meningkatnya perangkat daerah yang melakukan inovasi, meningkatnya inovasi yang dilakukan oleh setiap perangkat daerah baik secara kualitas maupun kuantitas, ... Baca halaman selanjutnya