PLN UIW Sumbar Resmikan Program Ambassador Electrifying Lifestyle

(KLIKPOSITIF/Khadijah)

PADANG, KLIKPOSITIF - PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat (Sumbar) melakukan kegiatan Peresmian Program Ambassador Electrifying Lifestyle oleh PLN UIW Sumbar di Pujasera Taman Puri, Ujung Gurun pada Selasa 15 September 2019. Pada kegiatan tersebut, PLN memberikan bantuan 15 kompor induksi (kompor listrik) gratis untuk pedagang usaha kuliner yang berada di lokasi tersebut.

GM PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto mengatakan program tersebut merupakan peresmian dari peralihan proses produksi dari barang dagangan oleh pelaku usaha yang semula menggunakan kompor gas dan kompor minyak menjadi kompor induksi.

baca juga: Tarif Listrik Non Subsidi Tak Bakal Naik Hingga September

"Kenapa harus beralih ke kompor listrik? Karena ada banyak manfaat yang didapatkan pelaku usaha saat melakukan proses produksi dengan menggunakan kompor induksi," kata Bambang saat memberikan sambutan dalam kegiatan peresmian tersebut.

Dijelaskannya, dengan menggunakan kompor induksi, pelaku usaha dapat bekerja dengan lebih efektif dan efesien, karena menurut perhitungan yang telah dilakukan, kompor induksi dapat menghemat pengeluaran untuk proses produksi sebesar 30 persen daripada saat menggunakan kompor gas.

baca juga: PLN Sumbar Launching ULP Teknis 50 Kota Guna Jaga Keandalan Listrik dan Pelayanan Prima

Selain itu, suasana tempat juga menjadi lebih hijau karena memperkecil munculnya asap yang bersumber dari api pada kompor minyak atau kompor gas. Manfaat lainnya yakni kompor induksi dapat mengurangi resiko terjadinya kebakaran akibat ledakan kompor gas dan minyak.

baca juga: GM PLN Sumbar Apresiasi Pelanggan PLN ULP Sawahlunto dan Koto Tuo Nihil Tunggakan

"Semoga pelaku usaha dapat secara konsisten dapat menggunakan kompor induksi dengan sebaik-baiknya untuk proses produksi barang dagangan," katanya.

PT Icon+ sebagai anak perusahaan PT PLN juga memberikan bantuan berupa wifi gratis yang dinamai Internet Desa Economic Solution (Ides Cafe). Bantuan wifi gratis ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan dari masyarakat ke Pujasera Taman Puri tersebut, terutama untuk generasi milenial.

baca juga: PLN Sumbar Gencar Lakukan Operasi Penertiban Pembayaran Listrik

Di sisi lain, PLN UIW Sumbar juga menyalurkan bantuan CSR PLN untuk Panti Sosial Tuna Grahara Harapan Ibu Simpang Taruko, Kalumbuk Padang dengan nilai Rp 45.256.000. Bantuan itu diberikan dalam bentuk kursi belajar, mesin cuci, rice cooker, kipas angin, pompa air.

Sementara itu, EVP Konstruksi Regional Sumatera, Adi Lumakso mengatakan bahwa sistem kelistrikan di Sumbar sudah semakin bagus dan mengalami banyak peningkatan. Dijelaskannya kondisi kelistrikan di wilayah Sumatera Barat dalam kondisi aman dan cukup.

"Kondisi kelistrikan saat ini di Sumbar handal dan cadangan daya yang kami miliki pun cukup sehingga saat ini sudah jarang ditemui masalah kelistrikan yang dialami masyarakat," katanya.

PLN UIW Sumbar melayani pelanggan kurang lebih berjumlah 1,3 juta pelanggan yang disuplai melalui 16 Gardu Induk dengan jaringan yang terpasang sebanyak 11.430 KMS daya tegang menengah. Dengan adanya kondisi itu, PLN juga berusaha untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat salah satunya melalui program Ambassador Elecrifying Lifestyle.

Ia mengharapkan agar masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas dan sarana kelistrikan yang tersedia begitu banyaknya. Selain itu, masyarakat juga harus memikirkan untuk beralih ke penggunaan listrik karena terbatasnya sumber daya yang ada.

"Semoga dengan adanya kompor induksi dari PLN , masyarakat lainnya dapat termotivasi untuk beralih ke kompor listrik," katanya.(*)

Penulis: Khadijah