Smart SIM Sudah Bisa Dibuat di Polresta Padang

"Selain berfungsi sebagai syarat mengemudi untuk pengendara, juga bisa berfungsi sebagai uang elektrik"
Smart SIM (KLIKPOSITIF/Halbert Caniago)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Smart SIM yang diperkenalkan oleh Korlantas pada 22 September lalu sudah resmi bisa digunakan oleh masyarakat di Kota Padang.

Smart SIM tersebut, selain berfungsi sebagai syarat mengemudi untuk pengendara, juga bisa berfungsi sebagai uang elektrik (e-money).

"Kami telah lakukan sosialisasi kepada seluruh elemen masyarakat di Padang. Kita juga telah mendatangi universitas maupun sekolah-sekolah tentang keunggulan Smart SIM ini," ujar Kasat Lantas Polresta Padang Kompol Asril Prasetya, Rabu 16 Oktober 2019.

Menurutnya, fasilitas yang yang ada pada Smart SIM, selain menggunakan chip, juga berisikan data-data penting oleh pemegangnya, seperti nomor telepon orang terdekat dan data-data forensik pemegang SIM.

"Smart SIM ini juga telah terintegrasi secara online dengan pusat data kepolisian. Rekaman berbagai jenis pelanggaran pernah dilakukan pemegangnya juga terekam," lanjutnya.

Untuk melakukan registrasi Smart SIM ini, pemohon SIM bisa melakukan registrasi di laman http://korlantas.polri.go.id. Selain itu, untuk persyaratannya, pemohon SIM cukup melampirkan KTP asli, fotocopy KTP dan surat keterangan sehat.

"Untuk proses penerbitan Smart SIM ini lebih kurang 45 menit. Pemohon SIM sudah bisa mendapatkan Smart SIM ini," sambungnya.

Menurutnya, seluruh pemohon SIM yang ada di Padang, saat ini telah bisa menikmati dan menggunakan Smart SIM yang telah diresmikan oleh Korlantas.

Meski Smart SIM telah bisa digunakan, namun SIM yang lama masih tetap berlaku, dan masih bisa dipergunakan, seperti biasa.

[Halbert Caniago]