Kembali Diselimuti Kabut Asap, DLH Pessel Imbau Masyarakat Gunakan Masker

"Kabut asap yang terjadi beberapa hari belakangan ini terpantau akibat adanya kriman asap dari daerah lain"
Penampakan kabut asap di Pessel pada Rabu sore (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Kembali diselimuti kabut asap, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Kepala DLH Pesisir Selatan, Jumsu Trisno mengingatkan, masyarakat harus bisa melakukan pencegahan dini dengan kembali menggunakan masker. Sebab, belakangan ini telah terjadi penurunan kualitas udara akibat kabut asap.

"Karena kembali dapat kiriman (kabut asap), kita imbau masyarakat untuk menggunakan masker. Terutama saat berada diluar ruang (atau rumah)," ungkapnya saat dikonfirmasi KLIKPOSITIF, Rabu,16 Oktober 2019.

Ia menjelaskan, kabut asap yang terjadi beberapa hari belakangan ini terpantau akibat adanya kriman asap dari daerah lain. Tidak hanya Pessel, sebagian besar kabupaten/kota di Sumbar juga mengalami hal yang sama.

"Kalau Senin masih baik, tapi dari Selasa kemarin sudah naik ke sedang. Karena memang dari informasi BMKG angin bergerak ke tempat (daerah) kita," terangnya.

Sejauh ini, DLH Pessel masih terus melakukan pemantauan dan melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait. Jika terjadi hal yang mengkhawatirkan, pihaknya akan segera mengambil tindakan.

"Itu (kabut asap) akan terus dipantau, nanti akan ada kebijakan pemerintah (jika mengkhawatirkan). Tapi, saat ini perlu peringatan dini kepada masyarakat," tutupnya.

[Kiki Julnasri]