Kabut Asap Semakin Pekat, Empat Daerah di Sumbar Liburkan Siswa

Kabut asap di Solsel
Kabut asap di Solsel (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Kabut asap yang semakin pekat dibeberapa daerah di Sumatera Barat (Sumbar) memaksa pemerintah setempat meliburkan siswa.

Sejauh ini tercatat, empat daerah telah mengambil langkah untuk meliburkan siswa. Adapun daerah yang mengeluarkan surat edaran adalah, Kabupaten Solok Selatan, Sijunjung, Kota Solok dan Sawahlunto.

baca juga: Tanah Datar Masih Diselimuti Kabut Asap, Pemkab Liburkan Sekolah Dua Hari

Keempat daerah tersebut seragam soal waktu libur, yakni mulai besok hingga Sabtu 19 Oktober. Kegaitan belajar mengajar akan dimulai pada Senin 21 Oktober 2019.

Siswa dirumahkan, sementara guru diminta untuk memberikan tugas mandiri di rumah kepada peserta didik dan dikerjakan dalam ruangan.

baca juga: Cegah ISPA, Dinkes Pessel Minta Warga Kurangi Aktivitas di Luar Rumah

Orang tua diminta untuk mengawasi anak untuk tidak banyak beraktivitas di luar rumah. Kemudian menyarankan untuk banyak mengkonsumsi buah-buahan dan air putih.

Sebelumnya, Kepala Stasiun GAW Bukit Kototabang, Agam, Sumbar, Wan Dayantolis, menyampaikan, kualitas udara di Sumatera Barat (Sumbar) masuk dalam kategori tidak sehat karena terpapar asap kiriman dari daerah tetangga.

baca juga: Dampak Kabut Asap, Ribuan Balita di Pessel Terjangkit ISPA

Asap itu diduga berasal dari Riau, Jambi dan Sumatera Selatan yang saat ini memiliki hot spot kebakaran hutan dan lahan.

"Pagi ini partikel debu PM 10 sudah berada di atas baku mutu yaitu 150 ug/m3. Ini sudah masuk level tidak sehat," ujarnya. (*)

baca juga: Kembali Diselimuti Kabut Asap, DLH Pessel Imbau Masyarakat Gunakan Masker

Penulis: Joni Abdul Kasir