Negara Bagian AS Ini Larang Produksi dan Penjualan Bulu Hewan

"California menjadi negara bagian pertama yang sepenuhnya melarang penjualan dan produksi bulu hewan."
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Negara Bagian Amerika Serikat, California melarang produksi dan penjualan bulu hewan asli. Kebijakan ini diputuskan oleh Gubernur California Gavin Newsom setelah menandatangani RUU 44.

Dilansir dari People, RUU tersebut akan disahkan menjadi undang-undang pada 12 Oktober mendatang. Dengan memberlakukan RUU ini, California telah menjadi negara bagian pertama yang sepenuhnya melarang penjualan dan produksi bulu hewan.

"Diberlakukannya kebijakan ini mencerminkan sikap yang berkembang dari warga California yang penuh kasih, menolak 'pakaian' terbuat dari hewan yang disiksa," ujar Fleur Dawes, Direktur Komunikasi untuk In Defense of Animals.

In Defense of Animals dan organisasi kesejahteraan hewan lainnya berharap bahwa larangan baru ini akan menjadi awal dari akhir bagi industri bulu binatang di Amerika Serikat dan selanjutnya di seluruh dunia. Peraturan akan mulai berlaku pada 1 Januari 2023.

Terhitung tanggal tersebut, penjualan dan pembuatan produk bulu hewan (termasuk topi, sepatu, mantel, gantungan kunci, dan lainnya) akan dilarang di seluruh California. Mereka yang melanggar undang-undang baru dapat menghadapi hukuman perdata dan pidana, termasuk hingga enam bulan penjara dan atau denda hingga 1.000 dolar AS.