Pantai di Desa Apar Pariaman Kembali Diterjang Abrasi

(Ist)

PARIAMAN, KLIKPOSITIF -- Pantai di Desa Apar, Pariaman, kembali diterjang Abrasi, akibatnya beberapa kedai hampir roboh sementara sejumlah pohon Pinus tumbang olehnya, Kamis (17/10).

Perubahan cuaca yang tak tentu diyakini warga sebagai penyebab abrasi. Sedikit demi sedikit pohon Pinus yang dijadikan tempat konservasi penyu telah tumbang.

Menjawab perihal itu, Sekretaris BPBD Kota Pariaman, Yunaidi mengatakan abrasi terjadi seminggu belakangan. "Ini terjadi mungkin karena pertukaran bulan dan angin yang terjadi sekitar satu minggu belakangan," kata Yunaidi di lokasi abrasi itu, Kamis 17 Oktober 2019.

Baca Juga

Maka dari itu, kata Yunaidi lagi, terjadilah pengerusan atau pengikisan pantai. "Ini sudah biasa terjadi. Peristiwa alam," ungkap dia.

Kendatipun demikian, Yunaidi prihatin berkenaan dengan pohon Pinus yang juga ikut terdampak abrasi. "Jadi dilihat saat ini sudah tiga baris pohon pinus yang tubang karena abrasi ini. Kondisi ini akan kami laporkan pada pimpinan untuk mengantisipasinya," kata dia.

Ia menyampaikan, pihaknya juga akan koordinasi dengan pihak terkiat untuk mengatasi abrasi ini. Karena jika tidak diambil tindakan cepat akan berdampak pada masyarakat yang berada di objek wisata itu.

"Jika ini dibiarkan tentu akan berdampak, apalagi kawasan ini menjadi salah tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat," katanya. (Rehasa)

Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Eko Fajri