Tanah Datar Dilewati 3 Etape TdS 2019, Wabup Ajak Masyarakat Ikut Berpartisipasi

Wabup Zuldafri Darma menyampaikan persiapan Pemkab Tanah Datar menghadapi kegiatan TdS 2019.
Wabup Zuldafri Darma menyampaikan persiapan Pemkab Tanah Datar menghadapi kegiatan TdS 2019. (Ist)

TANAH DATAR, KLIKPOSITIF -- Wabup Tanah Datar Zuldafri Darma mengajak masyarakat ikut berpartisipasi mensukseskan Tour de Singkarak (TdS) 2019.

"Dari kegiatan TdS ini kita harapkan Tanah Datar dapat menjadi destinasi utama pariwisata Sumatra Barat dan nasional," kata Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma di Pagaruyung, Kamis 17 Oktober 2019.

Wabup menyebut, pemerintah daerah telah menyiapkan segala sarana dan prasarananya, terutama pada acara finish Etape 1 di Istano Basa Pagaruyung, Sabtu 2 November 2019.

Baca Juga

Wabup yang didampingi Kepala Dinas Parpora Abdul Hakim, Sekretaris Dinas Perhubungan Aslamuddin, dan Kabag Humas Yusrizal, menyampaikan ajakan kepada masyarakat agar pelaksanaan balap sepeda yang diikuti 20 tim mancanegara dan nasional ini berjalan aman dan lancar.

Bentuk partisipasi masyarakat itu antara lain memasang marawa dan umbul-umbul di sepanjang jalan yang dilewati pebalap, menjaga keamanan, ketertiban, dan kebersihan, tidak memarkir kendaraan di badan jalan.

Kemudian, tidak memakai badan jalan saat mengadakan keramaian atau pesta pernikahan, beramai-ramai menyaksikan saat pebalap melewati Tanah Datar, dan menampilkan atraksi kesenian tradisional di beberapa titik kumpul untuk memotivasi para pebalap.

Sementara itu, Kepala Dinas Parpora, Abdul Hakim menjelaskan, TdS 2019 ini terdiri dari 9 etape dimana akan melintasi 15 kabupaten dan kota di Sumbar.

Dari 9 etape, tutur Hakim, ada 3 etape yang dila melintasi wilayah Kabupaten Tanah Datar. Yaitu etape 3 pada Senin 4 November yang start di Limapuluh Kota dan finish di Padang Panjang melintasi jalan Kecamatan X Koto.

Kemudian Etape 4 pada Selasa 5 November start di Payakumbuh dan finish di Agam melintasi pasar Koto Baru Kecamatan X Koto. Dan Etape 6 pada Kamis 7 November, start di Kabupaten Solok dan finish di Solok Selatan melintasi Nagari Malalo, Sumpur, dan Ombilin.

"Khusus finish di Istano Basa Pagaruyung ini, pebalap dan oficial akan disuguhi makanan khas Tanah Datar dengan Makan Bajamba dan dipakaikan kain sarung untuk menghormati tokoh adat yang berada dalam rumah gadang," katanya.

Kemudian, di Istano Basa Pagaruyung juga akan dimeriahkan bazar UMKM, artis Minang, dan kontes kucing peliharaan.

(Irfan Taufik)

Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Rezka Delpiera