Bawaslu Sumbar Ajukan Rp57 Miliar untuk Pilkada 2020

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Barat mengajukan dana sebesar Rp57 miliar untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020. Namun hal itu masih dalam tahap diskusi dengan pemerintah daerah.

"Dana itu sudah kita ajukan, namun masih dalam tahap diskusi dengan pemerintah daerah. Rencananya hari ini kita akan diskusi lagi," kata Komisioner Bawaslu Sumbar, Vifner di Rocky hotel Padang, Kamis, 17 Oktober 2019.

baca juga: Gelar Pilkada di Tengah COVID-19, KPU Pasbar Butuh Tambah Anggaran

Ia mengatakan dana sebanyak itu digunakan untuk Pilkada bagi enam daerah yang hanya melakukan pemilihan Gubernur. "Sedangkan untuk daerah yang melakukan pemilihan bupati/walikota sudah ditanggung daerah masing-masing," tuturnya.

Menurutnya dana Pilkada di 13 kabupaten/kota yang mengikuti pesta demokrasi ini sudah selesai dibahas. "Namun kita di provinsi masih melakukan pembahasan. Semoga dalam waktu dekat juga sudah diketahui berapa angka yang ditetapkan dari pengajuan ini," paparnya saat kegiatan sosialisasi hasil pemantauan pengawasan pemilu serentak tahun 2019 di Sumatera Barat.

baca juga: Pilkada Pasbar Diundur, Dana Hibah Dialihkan untuk Penanganan COVID-19

Dana Pilkada 2020 nantinya bersumber dari dana hibah pemerintah daerah. Hingga saat ini, Bawaslu telah melakukan proses persiapan dan pembentukan badan edhok yang ditargetkan selesai pada November. (*)

Penulis: Fitria Marlina