Bawaslu Sumbar Targetkan Persiapan Pilkada Selesai November

"Proses persiapan dan penguatan ed hok ditargetkan sudah selesai di November"
Komisioner Bawaslu Sumbar, Vifner (KLIKPOSITIF/Fitria Marlina)

PADANG, KLIKPOSITIF - Komisioner Bawaslu Sumbar, Vifner mengatakan pihaknya menargetkan persiapan Pilkada serentak 2020 akan selesai di Bulan November. Persiapan telah dilakukan sejak beberapa waktu lalu, mulai dari pembentukan, pelantikan, dll.

"Sebagian proses persiapan sudah seleseai karena sudah dimulai beberapa waktu lalu. Proses persiapan dan penguatan ed hok ditargetkan sudah selesai di November sehingga pada Desember kita sudah mulai bekerja," katanya saat kegiatan sosialisai hasil pemantauan pengawasan Pemilu serentak tahun 2019 di Rocky hotel, Kamis, 17 Oktober 2019.

Ia mengatakan ada beberapa hal yang akan dilakukan nantinya dalam kegiatan ini. "Langkah pertama pembentukan badan edhook, kemudian pelantikan, sosialisasi teknis, dan sosialisasi kepada masyarakat soal kegiatan ini," jelasnya.

Untuk Pilkada serentak 2020, ada 13 kabupaten/kota yang melaksanakannya, sedangkan 6 kabupaten/kota hanya melaksanakan pemilihan gubernur. "Dan untuk 13 kabupaten/kota itu kita serahkan sepenuhnya proses persiapan kepada sedangkan 6 kabupaten/kota lainnya menunggu instruksi dari kita karena hanya melakukan pemilihan gubernur," jelasnya.

Selain itu, persiapan lain yang dilakukan adalah kepastian anggaran Pilkada yang masih melakukan diskusi dengan pemerintah daerah. Ia berharap persiapan Pilkada bisa terlaksana sesuai jadwal yang telah ditetapkan. (*)