Indonesia Peringkat Pertama Pasar Keuangan Syariah Global 2019

"Faktor pemberi dampak terbesar adalah perkembangan regulasi dan peningkatan ekosistem industri perbankan dan keuangan Syariah. Selain itu, dukungan politik yang kuat, dan potensi yang besar"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Global Islamic Finance Report (GIFR) 2019, sebuah lembaga nonpemerintah di Inggris menempatkan Indonesia di peringkat pertama dalam Pasar Keuangan Syariah Global Tahun 2019. GIFR saat ini diketuai Prof. Humayon Dar, mantan Dirjen IRTI-IDB (Islamic Development Bank).

Tahun lalu, Indonesia berada di peringkat keenam. Indonesia berhasil mencatat skor 81,93 pada Islamic Finance Country Index (IFCI) 2019.

Menurut Humayon Dar, laporan GIFR 2019 menemukan ada beberapa faktor yang mendorong kinerja keuangan syariah di Indonesia. Faktor pemberi dampak terbesar adalah perkembangan regulasi dan peningkatan ekosistem industri perbankan dan keuangan Syariah. Selain itu, dukungan politik yang kuat, dan potensi yang besar.

"Faktor lainnya adalah jumlah unit usaha syariah, perbankan syariah, jumlah institusi keuangan nonbank syariah, dan sukuk di tanah air," ungkapnya di Kantor Bappenas, Kamis (17/10/2019).

Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag Fuad Nasar menyambut baik hasil penilaian reputasi Indonesia di bidang keuangan syariah. "Semoga memberi dampak signifikan terhadap kinerja pengurangan kemiskinan, pemerataan kesejahteraan serta pertumbuhan sektor riil di tanah air," tutur Fuad.

Menurut Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, dalam penghargaan GIFR kali ini, peringkat Indonesia bisa naik karena besarnya pertumbuhan keuangan sosial Islam yaitu ZISWAF yang dihimpun dan dikelola di berbagai lembaga zakat dan wakaf di bawah pembinaan Kementerian Agama. Fuad Nasar mengapresiasi kinerja dan sinergi antar otoritas terkait seperti Bank Indonesia, Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS), BWI dan BAZNAS di semua tingkatannya.

"Semoga penghargaan tersebut semakin memacu kinerja seluruh institusi keuangan syariah di Indonesia dan peran aktif masyarakat dalam menopang pertumbuhan pasar keuangan syariah pada semua lapisan dan lini kehidupan," ujarnya.

"Suatu saat nanti, kami mendambakan ... Baca halaman selanjutnya