Komisioner Bawaslu Sumbar: Keterlibatan Masyarakat Penting Sukseskan Pilkada 2020

"Jika tidak ada kerjasama masyarakat maka kerja Bawaslu juga tak maksimal"
Sosialisasi hasil pemantauan pengawasan pemilu serentak tahun 2019 di Sumatera Barat di Hotel Rocky Padang, Kamis, 17 Oktober 2019 (KLIKPOSITIF/Fitria Marlina)

PADANG,KLIKPOSITIF - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Barat menilai masalah keterlibatan masyarakat dalam pesta demokrasi adalah hal penting dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 mendatang. Peran serta masyarakat sangat diperlukan agar kerja Bawaslu juga menjadi maksimal.

Komisioner Bawaslu Sumbar, Vifner mengatakan peran serta masyarakat dalam melaporkan dan mengawasi adalah hal penting. "Jika tidak ada kerjasama masyarakat maka kerja Bawaslu juga tak maksimal sehingga keterlibatan semua pihak sangat dibutuhkan disini," katanya usai kegiatan di Rocky Hotel Padang, Kamis, 17 Oktober 2019.

Ia mengatakan dengan melibatkan masyarakat dan tokoh masyarakat maka hal itu akan menjadi kekuatan yang maksimal. "Sehingga kita berharap tak ada lagi hal yang luput dari pengawasan kita terhadap pelaksanaan pesta demokrasi kedepan," jelasnya.

Disisi lain, pihaknya juga melihat bahwa generasi muda juga sangat berperan. "Kaum millenial menjadi salah satu kunci penting yang juga kita rangkul dalam Pilkada nantinya. Kita akan laksanakan sosialisasi di sekolah-sekolah dan kampus-kampus. Selain itu, kita juga akan mengadakan diskusi dan bertukar pikiran dengan mereka. Kita targetkan sosialisasi ini sudah kita laksanakan akhir tahun ini terutama untuk Pilkada 2020 yang sudah didepan mata," jelasnya. (*)