Persiapan Pelantikan Presiden Rampung Hari Ini

"Maruf Cahyono mengatakan persiapan terakhir akan dirampungkan hari ini"
Presiden Joko Widodo (net)

KLIKPOSITIF-Joko Widodo dan Ma'ruf Amin akan dilantik di gedung DPR/MPR/DPD, Senayan, Jakarta Minggu, 20 Oktober. Sekretaris Jenderal MPR RI Maruf Cahyono mengatakan persiapan pelantikan presiden dan wakil presiden sudah hampir rampung.

Maruf mengatakan persiapan terakhir akan dirampungkan hari ini. Setelah itu MPR akan melakukan pelaksanaan gladi pada hari ini dan Sabtu (18/10) besok. “Prinsip sebenarnya siap sekali ya, sudah maksimal. Tapi kalau mau persentase saya kira sudah di atas 90 persen, 95 persen ya. Hari ini gladi kotor, besok gladi resik. Sudah enggak ada hal yang menjadi kendala ya, tinggal pelaksanaan,” kata Maruf di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat, 18 Oktober dilansir dari Suara.com.

Untuk tamu undangan, Maruf mengatakan mantan presiden serta kandidat capres dan cawapres juga sudah memastikan bakal hadir di pelantikan Jokowi dan Maruf Amin. “Ya Alhamdulillah kemarin dengan secara langsung ya menyampaikan undangan MPR datang dari mulai presiden ke lima Megawati ya siap hadir, SBY siap hadir, kemudian nanti Pak Prabowo juga hadir, Pak Sandiaga hadir, presiden juga yang mau dilantik wakil presiden Kyai Haji Maruf Amin juga pasti hadir," kata dia.

"Saya kira ini tokoh-tokoh akan hadir dalam pelantikan dan membawa pesan positif tidak hanya internal kita tapi juga dunia internasional,” Maruf menambahkan.

Menurut Maruf, pelantikan Jokowi - Ma'ruf bakal berlangsung secara sederhana sesuai dengan kehendak Presiden Jokowi. Namun begitu, MPR tetap menyesuaikan dengan standar yang ada lantaran menyambut tamu-tamu dari kepala negara dan kepala pemerintahan.

“Ya setuju, sederhana memang betul kemarin pada saat kita rapat konsultasi dari pimpinan MPR dengan presiden jelas bahwa dilakukan sederhana, khidmat, agung, kan gitu. Tentu kita melaksanakannya seperti itu, karena sudah tersedia, semuanya sudah ada ya tinggal melaksanakan saja,” ujarnya.