Sekjen PDIP: Kabinet Jokowi Diumumkan Paling Lambat Rabu Depan

Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo (net)

KLIKPOSITIF -Presiden Joko Widodo akan dilantik menjadi Presiden RI periode 2019-2024 pada Minggu 20 Oktober. Menurut aturan dalam UU tentang Pembentukan Kementerian, Jokowi memiliki waktu 14 hari untuk membentuk kabinetnya.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, berdasar informasi yang diterima dari Jokowi, selambat-lambatnya pengumuman susunan kebinet menteri tersebut akan disampaikan pada Rabu 23 Oktober 2019. "Presiden Jokowi yang paling tahu kapan momentumnya. Presiden punya waktu yang cukup, tapi kami tahu karakter Pak Jokowi yang mau kerja cepat. Kalau mengikuti informasi beliau paling lambat Rabu," kata Hasto kepada wartawan, Jumat (18/10/2019) dilansir dari Suara.com.

baca juga: Legislator: Standar Protokol Covid-19 harus diaplikasikan dalam Pilkada Serentak 2020

Berkenaan dengan itu, Hasto menilai sebelum susunan kebinet menteri diumumkan penting untuk melihat rekam jejak, integritas, dan kemampuan mereka untuk bekerja sama dengan presiden. Hasto mengklaim PDIP tidak menargetkan kursi menteri apa saja yang mesti diduduki. Namun, Hasto memastikan sebagai partai utama pengusung Jokowi – Maruf Amin, PDIP harus memperoleh kursi menteri terbanyak.

"Semua kementerian penting dan strategis tapi yang jelas PDIP paling banyak," ujarnya.

baca juga: Audy Joinaldy Gelar Kompetisi Kewirausahaan untuk Milenial

Menurut aturan dalam Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembentukan Kementerian, Presiden memiliki waktu 14 hari kerja untuk mengumumkan susunan menteri kabinet. Waktu itu terhitung sejak Presiden terpilih resmi mengucapkan sumpah janji sebagai presiden.

Penulis: Ramadhani