Soal Aturan IMEI, Disepakati Tiga Kementerian Hari Ini

"Tiga Kementerian itu adalah Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo), dan Kementerian Perdagangan"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Tiga Kementerian hari ini Jumat, 18 Oktober 2019 akan menandatangani aturan tentang pemblokiran IMEI untuk ponsel BM (black market). Tiga Kementerian itu adalah Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo), dan Kementerian Perdagangan.

Mengacu pada tanggal, hari ini merupakan hari terakhir kerja untuk jajaran menteri kabinet tahun 2014 - 2019. Meski begitu Mekominfo Rudiantara mengatakan turan ini tidak otomatis berlaku setelah proses tanda tangan. Dia menjelaskan setelah ini setiap kementerian akan melakukan sinkronisasi data dan sistem.

Hal ini perlu dilakukan karena IMEI yang berada di Kemenperin harus terkoneksi dengan sistem di operator seluler. Untuk melakukan hal tersebut, perlu ada proses penyesuaian, kalibrasi dan beragam lainnya.

Aturan blokir IMEI untuk ponsel Black Market awalnya akan diresmikan pada 17 Agustus silam. Namun setelah ditunggu hingga akhir Agustus, tidak ada catatan terbaru mengenai hal tersebut. Kabarnya waktu itu ada beberapa hal yang macet di Kemeperin sedangkan di Kominfo dan Kemendag, semuanya telah rampung.