Sungai Meluap, Tiga Hektare Sawah di Barung-Barung Belantai Pessel Terancam Gagal Tanam

""Seluas tiga hektare lahan sawah tersebut sudah tergenang air dan lumpur bercampur pasir beserta kayu-kayu""
Sawah tergenang lumpur (IST)

PESSEL, KLIKPOSITIF-- Diperkirakan seluas tiga hektare lahan sawah masyarakat di Kampung Pasar, Nagari Barung-Barung Balantai, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat terdampak luapan air sungai setempat dini hari tadi, Jumat, 18 Oktober 2019.

Informasi yang diterima KLIKPOSITIF, luapan sungai dipicu akibat hujan deras yang mengguyur daerah tersebut sejak sore hingga malam, Kamis kamarin. Diketahui Jumat 18 Oktober, lahan seluas tiga hektare sudah rata tergenang air dan lumpur bercampur pasir beserta kayu-kayu.

"Diketahui pagi , kini lahan yang terendam sudah bercampur pasir dan batang kayu. Hingganya, sebagian benih yang akan ditanam terancam tidak bisa ditanam lagi," ungkap Kepala Kampung Pasar, Irwando kepada KLIKPOSITIF.

Ia menjelaskan, selain lahan sawah sejumlah sarana pertanian setempat juga mengalami rusak terdampak, dan saat ini pihak perangkat kampung dan Wali Nagari sudah melaporkan kepada dinas terkait.

"Tebing sawah, parit banda, sawah dan ada juga jembatan pondasinya mengalami bolong, dan nagari sudah malapor secara lisan ke dinas terkait dan surat akan menyusul karna lagi proses," ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Pesisir Selatan, Nuzirwan mengaku sudah menerima laporan tersebut, dan akan melakukan pendataan terkait dampak bencana yang terjadi.

"Sekarang sudah saya perintahkan anggota untuk turun ke lapangan melakukan pengecekan dan memastikan. Jika ada kerusakan akan kita tindaklanjuti sesuai kewenangan," tutupnya.

Kiki Julnasri