Tokoh Minang Pantas Masuk Kabinet Jokowi karena Hal Ini...

"Agenda Jokowi untuk periode kedua ini adalah pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM)."
Jokowi-Maruf Amin (setkab.go.id)

KLIKPOSITIF -- Pakar Komunikasi Politik dari Universitas Negeri Padang (UNP), Muhammad Isa Gautama, menilai tokoh Minang berpeluang besar masuk kabinet Jokowi.

"Sebab, agenda Jokowi untuk periode kedua ini adalah pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM)," ujarnya kepada KLIKPOSITIF, Jumat (18/10).

Ia mengatakan dari dulu masyarakat Minang dikenal karena intelektualnya. Hal tersebut masih bertahan hingga kini.

Ia mencontohkan Nadiem Makarim. Ia salah seorang profesional di bidang tekonologi yang melahirkan decacorn yang bernama GoJek. Nadim memiliki darah Minang dari Ayah berketurunan Minang-Arab.

Nadim, sebut Isa, cocok masuk kabinet Jokowi karena karyanya yang telah berkembang di Indonesia. Ia pantas mengisi salah satu kursi menteri.

"Juga santer didengar nama Yuliandre Darwis. Ia salah satu nominasi untuk menteri komunikasi," ujar Isa. Yuliandre merupakan dosen di Universitas Andalas yang kini juga menjabat Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

BACA JUGA: Bagaimana Peluang Tokoh Minang Masuk Kabinet Jokowi?

Kedua tokoh ini diapungkan Isa sejalan dengan komentar Presiden Jokowi yang menginginkan menteri dari kalangan muda dan profesional. Menurut Isa, masih banyak tokoh-tokoh Minang lainnya yang bisa membantu Jokowi mewujudkan cita-cita pembangunan SDM.

Isa melihat Jokowi tetap akan memilih menteri-menterinya berdasarkan pada meritokrasi yaitu penghargaan terhadap kualitas. "Jadi, ia memilih menteri bukan karena kalah di satu daerah atau menang di daerah lain," ujar Isa.

Seperti diketahui, Jokowi-Maruf Amin kalah telak di Pilpres 2019 di Sumbar. Pasangan ini hanya memperoleh suara 14,1 persen. Perolehan suaranya turun dari 2014. Pada 2014, Jokowi yang saat itu berpasangan dengan Jusuf Kalla ... Baca halaman selanjutnya