Ada Festival Permainan Anak Nagari, Yuk ke Lapangan Kantin Bukittinggi

()

BUKITTINGGI , KLIKPOSITIF -- Selama dua hari yang dimulai pada Sabtu 19 Oktober 2019 ini hingga Minggu 20 Oktober 2019 besok, akan digelar Festival Permainan Anak Nagari Minangkabau yang diselenggarakan di Lapangan Kantin Bukittinggi - Sumbar.

Festival ini menyuguhkan sejumlah permainan anak nagari tempo dulu, yang saat ini sudah sangat jarang dimainkan oleh anak-anak sekarang.

baca juga: 22 dari 29 Pasien Positif COVID-19 di RSAM Dinyatakan Sembuh

Festival ini akan diikuti oleh ribuan peserta dari kalangan pelajar,maupun dari kalangan umum.

Untuk peserta dari SD, mereka akan ikut perlombaan permainan lore, congkak, terompa sayak serta tangkelek panjang.

baca juga: Satu Lagi Pasien Positif COVID-19 Asal Bukittinggi Dinyatakan Sembuh

Untuk peserta SMP,mereka akan mengikuti perlombaan engrang, galah, kampar serta patok lele. Sementara dari kalangan umum, hanya satu yang diperlombakan, yakni permainan gasiang.

Tak hanya itu, bagi pengunjung juga diperbolehkan membawa permainan tradisional milik pribadi, serta memainkannya di Lapangan Kantin.

baca juga: Jalan Alternatif Padang-Bukittinggi Kembali Longsor, Akses Jalan Putus

Festival ini betujuan untuk melestarikan kembali permainan anak nagari yang mulai punah akibat tergerus teknologi yang serba digital.

Untuk meramaikan kegiatan ini, panitia juga menyediakan sejumlah stand yang menjual beberapa permainan tradisional , serta menjual kuliner atau makanan tradisional Minangkabau. (*)

baca juga: Salut, Bhabinkamtibmas Polres Bukittinggi Bagikan 1 Ton Bawang Merah Hasil Panen ke Masyarakat

Penulis: Iwan R