KPU Pessel akan Gelar Launching Pilkada Serentak

"Launching Pilkada serentak ini akan digelar Rabu 23 Oktober 2019"
Ketua KPU Pesisir Selatan, Epaldi Bahar (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri)

PESSEL, KLIKPOSITIF-- Sesuai dengan tahapan yang telah disusun Komisi Pemilu Umum (KPU) Pesisir Selatan, Sumatera Barat tanggal 23 Oktober 2019 tahapan Pilkada serentak 2020 bakal segera dimulai di Pesisir Selatan.

Ketua KPU Pesisir Selatan, Epaldi Bahar mengungkapkan, mulainya tahapan tersebut bakal ditandai dengan launching bersama stakeholder dan mengundang tokoh masyarakat serta kalangan mahasiswa dan siswa yang sudah memiliki hak pilih.

"Launching Pilkada serentak Rabu, 23 Oktober 2019 itu, kita memberitahu pada masyarakat. Dan nanti juga mengundang pengurus partai, Ormas, organisasi mahasiswa dan Osis," ungkapnya pada KLIKPOSITIF.

Ia menjelaskan, secara umum tahapan Pilkada 2020 yang telah disusun KPU Pessel, tidak jauh berbeda dengan Pilkada sebelumnya. Melainkan hanya berbeda pada beberapa item saja.

"Secara umum tidak ada perubahan dari Pilkada 2015. Bedanya hanya di syarat calon perseorangan. Serta masa kampanye yang lebih pendek (pada Pilkada 2020)," jelasnya.

Lanjut, pada PIlkada 2015 kalau syarat dukungan calon perseorang atau independen 8,5 persen dari hitungan jumlah penduduk. Sedangkan Pilkada 2020 tetap 8,5 syarat dukungan tapi berdasarkan daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilu 2019.

Setelah itu, terkait masa kampanye, pada Pilkada 2015 lalu 100 hari, untuk PIlkada 2020 hanya disusun 71 hari atau kurang 29 hari. "Itu semua sesuai dengan Undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada," lanjutnya.

Sementara itu, terkait kebutuhan anggaran, pihaknya sudah menyepakati anggaran Pilkada 2020 senilai Rp31 miliar bersama Pemkab setempat melalui nota pemberian hibah (NPHD) dan itu menandakan hampir seratus persen tahapan Pilkada sudah bisa dimulai.

"Anggaran telah kami (KPU Pessel) teken sesuai NPHD bersama Pemkab. Sedang tahapan pertama akan dimulai dengan pendafataran bagi calon independent dari november sampai maret," tutupnya

[Kiki ... Baca halaman selanjutnya