Menag Luncurkan Buku Formula 5-5-3 Dalam Manajemen Haji

"aunching buku ini dikemas dalam Bedah buku dengan menghadirkan tiga narasumber "
Menag Launching Buku Formula 5-5-3 Manajemen Haji (Sugito/kemenag.go.id)

KLIKPOSITIF -- Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin melaunching buku Formula 5-5-3 Dalam Manajemen Haji karya Helmi Hidayat di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Jumat (18/10) siang. Launching buku ditandai dengan penguntingan pita dilanjutkan dengan penyerahan buku oleh Menag kepada Helmi Hidayat. 

Launching buku ini dikemas dalam Bedah buku dengan menghadirkan tiga narasumber yakni Halim Mahfudz, Abdul Djamil, dan Imam Addaruqutni. 

Menag Lukman Hakim Saifuddin dalam sambutannya mengatakan Buku Formula 5-5-3 Manajemen Haji layak menjadi referensi dalam pelayanan haji Indonesia. "Saya merasa bersyukur buku ini akhirnya hadir di tengah kita, ujar Menag. 

"Pesan saya, mohon dikritisi setajam tajamnya agar ada masukan demi pelayanan haji di masa mendatang yang lebih baik," sambung Menag, yang dikutip dari kemenag.go.id.

Menurut Menag buku Formula 5-5-3 ini sebenarnya berisi sebuah tradisi petugas haji Indonesia dalam melayani jemaah haji khususnya jelang puncak haji yaitu pra wukuf, wukuf dan pasca wukuf. 

"Jadi sebenarnya setiap jelang puncak haji kita selalu mengumpulkan seluruh petugas haji di Makkah untuk bersiap menuju Arafah. Pada saat itulah kita mempunyai tradisi yakni pembekalan kepada seluruh petugas haji," kenang Menag. 

"Semuanya berbicara bagaimana soal pelayanan haji kita. Dan saya selalu mendapat kesempatan berbicara di paling akhir dengan memaparkan secara spesifik yang tentunya menjadi cermatan petugas," lanjutnya. 

Sebagai kata pengantar Nizar Ali mengatakan buku Formula 5-5-3 ini merupakan kado terindah bagi Ditjen PHU Kemenag.

"Terima kasih kepada Helmi Hidayat yang telah mengeluarkan ide ide dalam buku ini. Buku ini sangat penting bagi panitia, petugas haji dan masyarakat Indonesia," ujar Nizar Ali. 

Dari buku ini lanjut Nizar publik akan mengetahui bagaimana  totalitas dari Menag Lukman Hakim dalam ... Baca halaman selanjutnya