Bukan Parpol Pendukung Jokowi di Pilpres, Gerindra Siap Jadi Penyeimbang

"Sikap Pak Prabowo di Rapimnas kemarin siap membantu pemerintah bila diperlukan, membantu itu bisa di luar dan di dalam, sikap ini sama seperti pertemuan di MRT dan Istana"
Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria (Suara.com)

KLIKPOSITIF -- Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyatakan siap membantu pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sikap tersebut diketahui seusai Partai Gerindra menggelar Rapimnas pada Rabu (16/10/2019) lalu.

Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria mengatakan Prabowo siap membantu jika nantinya diperlukan Jokowi - Ma'ruf Amin. Dukungan tersebut dapat dilakukan di dalam maupun luar pemerintahan.

"Sikap Pak Prabowo di Rapimnas kemarin siap membantu pemerintah bila diperlukan, membantu itu bisa di luar dan di dalam, sikap ini sama seperti pertemuan di MRT dan Istana," ujar Riza dalam diskusi Polemik MNC Trijaya Network bertajuk Teka-teki Menteri dan Koalisi, di d'consulate, Jakarta, Sabtu (19/10/2019).

Dikatakan Riza, pertemuan Jokowi dan Prabowo di stasiun MRT beberapa waktu lalu sebatas pembahasan umum ihwal kepentingan bangsa. Selanjutnya, pertemuan Prabowo dan Jokowi di Istana lebih merinci terkait pembahasan ekonomi hingga ketahanan keamanan.

"Dan kalau di istana lebih dipertajam, pertumbuhan ekonomi bisa dua dijit. Dan kalau konsep Pak Prabowo digabungkan maka luar biasa. Pertama kedaulatan pangan, kedua ketahanan keamanan, dan energi," kata dia.

Terkait jatah menteri dalam kabinet Jokowi jilid II, Riza mengaku jika pihaknya tak pernah meminta hal tersebut kepada Jokowi.

"Kita membantu dalam posisi yang pasif, kita tahu diri karena bukan partai pendukung. Jadi kita siap di luar sebagai penyeimbang," kata Riza. (*)