Bioskop CGV Raya Padang Segera Dibuka

Bioskop CGV Raya Padang Jalan Pasar Baru Nomor 2 Kampung Jao, Padang, Sumbar
Bioskop CGV Raya Padang Jalan Pasar Baru Nomor 2 Kampung Jao, Padang, Sumbar (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Bangunan lama Bioskop Raya Theatre 'disulap' menjadi Bioskop CGV dengan konsep tongkrongan sekaligus nonton film terbaru akan terwujud dalam waktu dekat ini. Dijadwalkan rencananya Bioskop CGV tepatnya di Jalan Pasar Baru Nomor 2 Kampung Jao, Padang, Sumbar akan dibuka untuk umum akhir tahun 2019 ini.

Dengan hadirnya bioskop CGV sekelas Cinema XXI di Kota Padang, para penikmat layar lebar tak perlu lagi jarus mengantrian di sejumlah bioskop modern yang ada di Kota Bingkuang itu untuk menikmati tontonan berkelas. Apalagi lokasi bioskop CGV sangat strategis dan mudah dijangkau kendaraan.

baca juga: Pemko Padang Resmikan Bioskop CGV

Kepastian akan segera dibukanya bioskop CGV berjaringan yang dikelola PT. Graha Layar Prima Tbk tersebut dibuktikan dengan spanduk berukuran cukup besar yang didominasi dengan warna putih, spanduk itu bertuliskan " Bioskop Seru Segera Hadir". Bioskop CGV Raya Padang Jalan Pasar Baru Nomor 2 Kampung Jao, Padang, Sumbar.

Selain itu, dari luar tampak bangunan bioskop itu terlihat sudah hampir rampung. Beberapa pekerja masih sibuk melakukan berbagai aktivitasnya. Seperti, sedang menyelesaikan finishing studio-studio berupa pembersihan dinding-dinding luar bioskop , menata halaman luar bioskop . Sementara, disekeliling bioksop masih ditutupi seng.

baca juga: Kebangkitan Bioskop Raya Padang, Peninggalan Belanda yang Mati Suri

Melihat hadirnya bioskop CGV di Kota Padang, salah satu pengunjung Pasar Raya padang, Laura Aulia menyambut baik. Sebagai warga Padang dirinya tak perlu repot-repot antrian di Cinema XXI untuk menonton film layar lebar.

"Tentunya senang, jadi gak perlu lagi rebutan menonton film di Cinema XXI," kata Laura, Sabtu, 19 Oktober 2019.

baca juga: Heboh Iklan di Bioskop, Ini Penjelasan Jokowi

Hal senada juga disampaikan Regina Gushendri. Pelajar SMK 3 ini mengaku senang dan menyambut baik kehadiran bioskop CGV. Menurut dia, kehadiran bioskop CGV di pusat kota bisa menjadi hiburan alternatif. Selain itu lokasinya mudah dijangkau.

"Hitung-hitung ada tempat hiburan baru, biasanya kalau ke pasar raya yang dilihat lapak-lapak pedagang semua. Tapi sebentar lagi ada bioskop modern. Jadi menambah warna pasar raya Padang," sebut Regina.

baca juga: Cinema 21 Klaim Tembus 1.000 Layar Bioskop

Sementara itu, salah satu pekerja yang enggan disebutkan namanya itu menuturkan, dalam waktu dekat bioskop sudah bisa dibuka untuk umum. Karena, keseluruhan proyek sudah hampir rampung 100 persen. Antusias masyarakat dengan kehadiran bioskop ini lumayan bagus.

"Ya sebentar lagi dibuka. Sepertinya masyarakat juga cukup antusias, karena sejumlah masyarakat yang berjalan di depan bioskop ini sering menoleh dan membaca spanduk yang dipasang di depan bioskop ," katanya.

Menurut sejarah, bioskop Raya merupakan salah satu bioskop peninggalan Belanda. Berdasarkan catatan Mardanas Safwan dkk dalam buku Sejarah Kota Padang, hingga dekade 1970-an masih bertahan tujuh bioskop peninggalan Belanda.

Ketujuh bioskop tersebut adalah Raya yang dulunya bernama Capitol Theatre, Karya yang dulunya Cinema, Satria, Purnama, New Rex Theatre, Padang Theatre, dan Mulia. Satu dekade berikutnya pada 1980-an, jumlah bioskop di Padang melonjak hingga 14 buah, termasuk bioskop Indah di Ulak Karang dan Terandam. 

Medio 1990-an, sejak industri perfilman Indonesia meredup dan ditambah dengan 'berkuasanya' grup 21, pemain-pemain bioskop lokal di daerah mulai kehabisan akal. Kondisi ini juga terjadi di Kota Padang, di mana perlahan bioskop -bioskop tua bertumbangan. 

Hingga masuk 2000-an, bioskop Raya masih bisa 'bernafas' meskipun terengah-engah. Melihat persaingan dunia perfilman semakin ketat, kini bioskop Raya mulai berbenah demi bertahan dalam kompetisi dengan jaringan bioskop modern. (*)

Penulis: Joni Abdul Kasir