7 Jam Evakuasi, 4 Pendaki Gunung Marapi Selamat

"Tim bertemu survivor sekitar pukul 7 lewat dan langsung turun ke pos hingga pukul 14.30 WIB"
Tim SAR gabungan evakuasi 4 pendaki di Gunung Marapi (Dokumentasi Tim SAR Gabungan)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Tim SAR Gabungan pastikan empat pendaki yang dievakuasi akibat badai di puncak Gunung Marapi selamat dan sampai di posko bawah, Minggu 20 Oktober 2019.

Hal ini disampaikan langsung oleh Koordinator Pos SAR 50 Kota Robi Saputra via WhatsApp kepada KLIKPOSITIF.

Ia menjelaskan bahwa empat orang pendaki yang terdiri dari Aditya Bayu Nugraha, Fajri Setiawan, Rahmat Taufik, dan Muhammad Satria ini telah sampai dengan selamat. Mereka selamat dan bersiap kembali ke rumahnya masing-masing.

"Proses evakuasi berjalan lancar meskipun sempat terhambat kondisi cuaca dan kabut. Tim bertemu survivor sekitar pukul 7 lewat dan langsung turun ke pos hingga pukul 14.30 WIB," kata Koordinator Pos SAR 50 Kota.

Meskipun selamat, saat evakuasi salah seorang diantaranya mengalami kendala satu yaitu kaki kram yang dialami Muhammad Satria. Saat ini dikatakannya, seluruh tim juga telah berada di posko bawah bersama empat pendaki tersebut yang juga bersiap balik ke arah Payakumbuh.

Sebelumnya, keempat pendaki ini melakukan pendakian pada Sabtu 19 Oktober 2019. Namun pada keesokan harinya, mereka yang tengah berada di puncak diterpa badai dan tim SAR yang mengetahui kondisi tersebut langsung menurunkan beberapa tim untuk melakukan proses evakuasi.

(Ade Suhendra)