Legislator Sambut Baik Dua RUU Usulan Presiden

"Ini merupakan upaya menciptakan aktivitas ekonomi baru melalui pengembangan produk unggulan daerah untuk mendukung UMKM Indonesia menuju pasar internasional dan memanfaatkan platform digital (marketplace), sudah saatnya kita berpihak pada UMKM"
Anggota DPR RI Periode 2019-2024 Intan Fitriana Fauzi. (DPR)

KLIKPOSITIF -- Presiden Joko Widodo dalam pidatonya sebagai Presiden terpilih masa jabatan 2019-2024 mengusulkan dua Rancangan Undang-Undang (RUU) untuk diterbitkan pada periode kedua pemerintahannya bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin.
Dua RUU itu terkait dengan penciptaan lapangan kerja dan pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Menanggapi hal itu, Anggota DPR RI Periode 2019-2024 Intan Fitriana Fauzi menyambut baik niat Presiden Jokowi menerbitkan RUU tentang Cipta Lapangan Kerja dan RUU Pengembangan UMKM. Ia menilai regulasi itu mampu membenahi penciptaan lapangan kerja dan pengembangan UMKM yang selama ini belum maksimal.

“Saya menyambut baik dua UU besar yang akan dibahas bersama antara pemerintah dengan DPR, terutama UU Pengembangan UMKM,” ungkapnya usai menghadiri Sidang Paripurna MPR RI dengan agenda Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Menurut politisi Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN) itu, pengembangan serta pemberdayaan UMKM adalah langkah yang strategis dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), terlebih sektor ini memiliki peranan dalam menambah lapangan pekerjaan, dan mendongkrak perekonomian Indonesia.

“Ini merupakan upaya menciptakan aktivitas ekonomi baru melalui pengembangan produk unggulan daerah untuk mendukung UMKM Indonesia menuju pasar internasional dan memanfaatkan platform digital (marketplace), sudah saatnya kita berpihak pada UMKM,” kata Intan seraya yakin bahwa UMKM mampu mejadi tulang punggung perekonmian nasional.

Untuk itu ia berharap, nantinya pemerintah harus memberikan program yang seiring dengan pengembangan UMKM. Saat ditanya terkait sinergi antara Parlemen dan Pemerintah 5 tahun ke depan, Intan menyatakan akan bersinergi dengan baik dalam menjalankan tiga tugas dan fungsi yang diembannya sebagai wakil rakyat. “Kita akan bersinergi, dan dalam ... Baca halaman selanjutnya