Masuk Bursa Menteri Jokowi, Nadiem Makarim Lepas Posisi CEO Gojek

"Nadiem menyatakan sudah mundur sebagai CEO Gojek"
Nadiem Makarim (net)

KLIKPOSITIF-Nadiem Makarim masuk dalam daftar calon Menteri Kabinet Presiden Jokowi. Datang memenuhi panggilan Presiden di Istana Negara Senin 21 Oktober 2019, Nadiem mengaku siap menjadi salah satu menteri di Kabinet Jokowi.

Nadiem Makarim pun menyatakan sudah mundur sebagai CEO Gojek. Dia mengatakan akan fokus menjadi menteri.

"Saya sudah mundur dan tidak punya kekuasaan apapun di Gojek," kata Nadiem dilansir dari Suara.com.

Meski telah menyatakan bersedia menjadi salah satu menteri Kabinet Indonesia Kerja Jilid, Nadiem Makarim masih merahasiakan posisinya di kabinet Jokowi nanti.

Nadiem memulai kariernya sebagai konsultan manajemen di McKinsey & Company pada 2006. Setelah memperoleh gelar MBA, ia terjun sebagai pengusaha dengan mendirikan Zalora Indonesia. Di perusahaan tersebut ia juga menjabat sebagai Managing Editor.

Setelah keluar dari Zalora, ia kemudian menjabat sebagai Chief Innovation Officer (CIO) Kartuku, sebelum akhirnya fokus mengembangkan Go-Jek yang telah ia rintis sejak tahun 2011.

Saat ini GoJek merupakan perusahaan rintisan terbesar di Indonesia. Pada bulan Agustus 2016, perusahaan ini memperoleh pendanaan sebesar 550 juta dolar AS atau sekitar Rp 7,2 triliun dari konsorsium yang terdiri dari KKR, Sequoia Capital, Capital Group, Rakuten Ventures, NSI Ventures, Northstar Group, DST Global, Farallon Capital Management, Warburg Pincus, dan Formation Group.