Siapa Tetty Paruntu? Bupati Minahasa Selatan yang Dipanggil ke Istana Negara Jelang Pengumuman Menteri

" Dia menjabat sebagai Bupati di Kabupaten Minahasa Selatan untuk pada periode 2010-2015 dan kemudian lanjut sampai periode ke dua."
Bupati Minahasa Tetty Paruntu (Instagram)

KLIKPOSITIF -- Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu tiba-tiba hadir di Istana Negara pada Senin (21/10/2019) pagi, di kala spekulasi kabinet Jokowi-Ma'ruf mencuat.

Christiany yang merupakan politisi dari Partai Golkar hadir di Istana pukul 10.00 WIB dengan kemeja putih dan berkemeja hitam. Meski belum dipastikan, namun wanita yang akrab dipanggil sebagai Tetty Paruntu ini mulai disebut-sebut sebagai calon Menteri Jokowi.

BACA JUGA: Tetty Paruntu ke Istana, Ternyata Bukan Diundang Jokowi

Tetty Paruntu lahir di Manado, Sulawesi Utara, pada 25 September 1967. Dia menjabat sebagai Bupati di Kabupaten Minahasa Selatan untuk pada periode 2010-2015 dan kemudian lanjut sampai periode ke dua.

Ia adalah satu dari sedikit pemimpin daerah wanita di wilayah Republik Indonesia.

Tetty berasal dari keluarga terpandang di Sulawesi Utara. Ayahnya adalah mantan Rektor Universitas Sam Ratulangi Jopie Paruntu, sementara ibunda Jenny Y Tumbuan adalah politikus dan pernah menjabat sebagai anggota DPR.

Tetty merupakan ibunda dari Adrian Jopi Paruntu, anggota DPR yang tergolong milenial namun memiliki kekayaan miliaran. Berdasarkan data LHKPN KPK, Adrian memiliki harta kekayaan Rp 1,64 miliar.

Tetty menyelesaikan pendidikan di SD Budi Mulia Bogor, SMP Budi Mulia Bogor, Harry Carlton Comprehensive School, Suthon Bomington - Notingham, Inggris. Setelah itu dia melanjutkan di Pitman College pada jurusan Manajemen Bisnis.

Di dunia Usaha Tetty pernah berkarir sebagai Presiden Direktur PT Puspita Adhiniaga Indonesia, Presiden Direktur PT Chandra Ekakarya Pratam, dan Direktur PT Partim Indomakmur. Sebelumnya, Tetty sempat menjadi komisaris PT ... Baca halaman selanjutnya