JK ke Ma'ruf Amin: Kekuatan Wapres Hanya Sampai Hasil Rapat Pak

Jusuf Kalla
Jusuf Kalla (Suara.com)

KLIKPOSITIF --  Jusuf Kalla  mengatakan kekuatan seorang wakil presiden hanya sebatas hasil rapat yang digelar. Hal itu disampaikan JK saat menyerahkan memori jabatan wakil presiden ke Wapres Ma'ruf Amin di Istana Wapres, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (21/10/2019).

JK menuturkan tidak mudah untuk menjadi seorang wakil presiden. Bahkan ia membandingkan kekuatan antara presiden dan wapres.

baca juga: Ketua DPR: Pemerintah Harus Dengarkan Aspirasi Masyarakat Sebelum Terapkan 'New Normal' Sekolah

"Tugas wakil presiden memang tidak mudah karena kekuatan kita, pak, hanya rapat, hasil rapat," ujar JK .

BACA JUGA:  Prabowo Sebut Diminta Jadi Menteri Pertahanan

baca juga: Kerusuhan Meluas, Ini Nasib WNI di Ameriksa Serikat

Ia menegaskan, seorang wakil presiden hanya membantu presiden memutuskan sebuah kebijakan dengan hanya bermodalkan notulen rapat. Dari situ, kemudian presiden bisa memunculkan keputusan presiden (kepres). Begitu juga dengan menteri yang bisa melahirkan keputusan menteri.

BACA JUGA:  Prabowo Jadi Kandidat Menhan, Begini Tanggapan Ketua PA 212

baca juga: Habib Aboebakar Sayangkan Dua Kado Pahit di Hari Lahir Pancasila

BACA JUGA:  Menteri Terpilih Harus Berinovasi Wujudkan Nawacita

"Itu karena kalau presiden ada perpres, menteri ada kepmen, tidak ada kepwapres (keputusan wapres) gitu kan? Jadi yang ada adalah suatu cara membantu presiden dan juga bagaimana sekekuatan itu hasil rapat, notulen rapat," ujarnya.

baca juga: Hidayat Nur Wahid Imbau WNI di AS Tetap Waspada

Menurut JK, Jokowi merupakan sosok yang memang terpacu dalam hasil sebuah rapat untuk memutuskan sebuah kebijakan. Oleh karena itu penting baginya bagi Maruf Amin untuk bisa mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi wapres.

BACA JUGA:  Tak Singgung Soal Korupsi, KPK Angkat Bicara Terkait Pidato Jokowi

"Memang cara kepemimpinan pak Jokowi itu ialah kolegial, kolektif, artinya semua keputusan diambil dalam rapat juga," ujarnya.

"Sekali lagi saya mengharapkan keberhasilan dan kesuksesan dari pak Ma'ruf amin tentu mencapai cita-cita dan konstitusi untuk membantu pak presiden menjalankan tugasnya baik-baik untuk kemajuan kita semua," tandasnya. (*)

Sumber: Suara.com

Penulis: Eko Fajri